Ilustrasi WhatsApp (Foto: socialsamosa.com)

Jakarta, Selular.ID – Pengguna WhatsApp dapat mencadangkan atau backup percakapan ke Google drive secara gratis pada November mendatang. Backup tersebut dapat dilakukan pengguna WhatsApp secara gratis tepatnya pada 12 November 2018.

Selama ini, WhatsApp memang tidak memungut biaya untuk mencadangkan data WhatsApp ke akun Google.

WhatsApp saat ini menggunakan Google Drive untuk mencadangkan data obrolan ke cloud dan dapat mengurangi ruang penyimpanan Google Drive. Namun, berkat kesepakatan baru antara Google dan WhatsApp, semua data obrolan tidak akan lagi mengurangi kuota Drive.

BACA JUGA:
Pengguna WhatsApp Dapat Mengatur Undangan Masuk Grup

Dilaporkan Forbes, WhatsApp menginformasikan bahwa pada 12 November 2018, backup WhatsApp tidak akan lagi diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive.

Namun, pengguna harus memastikan bahwa obrolan mereka telah dicadangkan sebelum periode tersebut agar file berharga tidak hilang. Untuk menghindari hilangnya data cadangan apa pun, sebaiknya pengguna mencadangkan data WhatsApp secara manual sebelum 12 November 2018.

BACA JUGA:
Waspada, Penipuan Tiket Gratis di WhatsApp

Selanjutnya, backup WhatsApp yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive.

Sebagai informasi, selama ini, WhatsApp memang tidak memungut biaya untuk mencadangkan data WhatsApp ke akun Google.

Sebelumnya, pengguna Android yang mengaktifkan akun Google-nya akan mendapatkan kuota gratis di Google Drive sebesar 15 GB.

BACA JUGA:
Lebih Aman, Update WhatsApp iOS Didukung Fitur Face ID dan Touch ID

Dengan kerja sama baru antara Google dan WhatsApp ini, maka semua backup tidak akan mengambil kuota 15 GB tadi.