Jakarta, Selular.ID – Dalam acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018, Apple
meluncurkan iPad Pro terbaru.

Hadir dalam dua tipe, iPad Pro tampil dengan ukuran 11 inci dan 12,9 inci dengan pembaruan pada desain dan hardware. iPad Pro mengusung layar Liquid Retina, yang sebelumnya telah digunakan Apple pada iPhone XR.

Dilansir dari Zdnet, Tim Cook, CEO Apple menjelaskan, iPad Pro hadir dengan tampilan bezel-less tanpa home button, iPad Pro terbaru dilengkapi gesture intuitive, seperti split screen yang dapat membagi layar untuk menjalankan dua aplikasi yang berbeda.

BACA JUGA:
Meski Pasar Melemah, Kinerja Huawei Lebih Baik Dibandingkan Samsung dan Apple

Dari segi dapur pacu, iPad Pro terbaru dipersenjatai chip terbaru Apple A12X Bionic yang dibuat dengan teknologi 7nm, yang diklaim chip paling kuat dan paling pintar dari Apple.

Chip ini memiliki Neural Engine dengan machine learning yang dapat mempelajari untuk mengelompokkan foto.

BACA JUGA:
Tidak Akan Ada Poni di iPhone 2019

Tim Cook juga mengatakan, iPad Pro terbaru ini didukung Apple Pencil, yang kali ini juga diperbarui. Apple Pencil kini merespons sentuhan, sentuh dua kali, dapat mengubah kuas menjadi penghapus.

Tidak hanya itu, Apple Pencil kini juga dapat menempel pada sisi iPad Pro, dan secara otomatis mengisi daya. Dengan demikian, Apple Pencil siap digunakan kapan pun.

FaceID kini juga hadir di iPad Pro terbaru, dan dapat bekerja saat digunakan baik dalam keadaan potret maupun lanskap. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuka kunci, log in ke aplikasi, hingga pembayaran online.

BACA JUGA:
iOS12 Lebih Banyak Peminat Dibanding iOS11

iPad Pro terbaru dibekali empat speaker audio, konektivitas Gigabit-class LTE, eSim technology dan bluetooth 5.0, dan baterai yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam, serta hadir dengan USB type-C.

Perangkat ini juga dilengkapi kamera belakang 12MP yang dapat digunakan untuk video 4K dan merasakan pengalaman Augmented Reality (AR), dan kamera depan 7MP untuk potrait selfies, Animoji dan Memoji.

BACA JUGA:
Apple Tingkatkan Pencil iPad Pro Agar Lebih Akurat

iPad Pro model 11 inci dibandrol dengan harga mulai dari 799 dolar AS (sekitar Rp11,5 juta), sementara iPad Pro model 12,9 inci ditawarkan dengan harga 999 dolar AS (sekitar Rp15,2 juta).Hadir dalam empat opsi memori yaitu 64GB, 256GB, 512GB dan 1TB.

Bersamaan dengan diumumkannya iPad Pro, Apple juga mengumumkan kehadiran Macbook Air dan Mac Mini teranyar.