Jakarta, Selular.ID – Sony dikabarkan sedang mengembangkan aksesoris pelengkap smartphone. Sony melengkapi Earphone dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

Dilaporkan Slash Gear, earphone dengan konektivitas bluetooth, disebutkan Sony, sudah umum, namun earphone dengan teknologi AI masih jarang. Sehingga ini yang melatar belakangi brand asal Jepang ini mengembangkan ear phone tersebut.

Sony baru-baru mencoba untuk mengubah tren baru dengan memberikan pembaruan pada Xperia Ear Duo-nya. Sony mencoba membuat earphone pintar. Ear Duo akan diberikan teknologi AI, seperti halnya Asisten Google atau Apple Siri. Salah satu fitur yang akan disematkan termasuk pembacaan nama kontak.

BACA JUGA:
Khusus Olahragawan, Lenovo Luncurkan Earphone Thinkplus Pods One

Nantinya, Ear Duo akan memberi tahu siapa yang menelpon, sehingga pengguna dapat memutuskan menerima atau menolak panggilan tanpa hartus melihat ponsel.
Tidak hanya sampai disitu, pembaruan dalam earphone termasuk fungsi kontrol. Diantaranya penguna dapat mengontrol musik yang ingin didengar. Kemudian, saat angin kencang mengganggu musik atau panggilan pengguna, earphone akan menangani kontrol volume.

BACA JUGA:
Terungkap, Panel Layar dan Casing Sony Xperia XZ4

Seperti diketahui, Xperia Ear Duo berbekal chip Spritzser dan platform multi sensor untuk mengenali aktivitas dan secara aktif mengadaptasi lingkungan sekitar pengguna. Sebagai contoh, earphone ini dapat menyesuaikan level volume secara otomatis sesuai dengan level gangguan suara di sekitar dan lokasi pengguna.

Pengguna juga memiliki opsi untuk mengendalikan headphone dengan menggerakan kepala. Sebagai contoh anggukan atau gelengan untuk menerima atau menolak panggilan telepon, dan menggoyangkan kepala ke kiri atau kanan untuk melewati lagu.

BACA JUGA:
Sony WH-1000XM3, Headphone Pintar yang Bisa Beradaptasi Terhadap Suara Sekitar

Sebagai perangkat nirkabel, Xperia Ear Duo berbekal baterai yang diklaim mampu bertahan dan memainkan musik hingga empat jam dalam satu kali pengisian daya. Earphone ini juga didukung case pengisian daya, menyediakan tiga slot pengisian daya baterai tambahan.Namun sayangnya, untuk saat ini belum ada kabar pasti kapan teknologi baru tersebut akan hadir di Experia Ear Duo.