Jakarta,Selular.ID – Arsip pesan yang disimpan dalam Google Drive disebutkan tidak terjamin keamanannya. WhatsApp sendiri yang mengimbau pengguna agar teteap waspada jika telah melakukan backup pada Google Drive ini.

Seperti dilaporkan Phone Arena. WhatsApp menginformasikan, arsip pesan yang ada di Google Drive tidak dilindungi keamanan enkripsi, sehingga ada kemungkinan pesan tersebut bocor ke pihak ketiga.

BACA JUGA:
Jaket Ini Bisa Ingatkan Anda Jika Ketinggalan Smartphone

WhatsApp menuliskan himbauan, Media dan pesan yang disimpan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end milik WhatsApp ketika berada di Google Drive.

Padahal Enkripsi end-to-end berguna untuk melindungi pesan agar hanya dapat dilihat dan dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Fitur ini dibuat untuk menjaga privasi pengguna agar pesan tak mudah untuk diretas.

BACA JUGA:
Selamat Tinggal, WhatsApp Hengkang dari Nokia S40

Pengarsipan riwayat percakapan ini memang tak dipungut biaya dan tanpa mengurangi jumlah storage yang tersisa di masing-masing akun Google. Namun tentu saja ini tidak sepadan dengan risiko bocornya isi percakapan pribadi kita ke pihak ketiga.

Sebagai informasi beberapa waktu lalu google dan WhatsApp melakukan kesepakatan. Dalam kesepakatan itu, pengguna WhatsApp dapat mencadangkan atau backup percakapan ke Google drive secara gratis.Backup tersebut dapat dilakukan pengguna WhatsApp secara gratis, tepatnya 12 November 2018.

BACA JUGA:
Google Tambah Fitur Smart Reply Untuk Hangouts Chat

Selama ini, WhatsApp memang tidak memungut biaya untuk mencadangkan data WhatsApp ke akun Google.

Sebelumnya, pengguna Android yang mengaktifkan akun Google-nya akan mendapatkan kuota gratis di Google Drive sebesar 15 GB.