Monday, May 20, 2019
Home News Enterprise Rupiah Melemah, XL Axiata Naikkan Harga Paket?

Rupiah Melemah, XL Axiata Naikkan Harga Paket?

-

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata mengatakan pihaknya telah mempersiapkan beberapa hal untuk mengantisipasi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Presdien Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan perusahaan melakukan lindung nilai atau hedging serta mengencangkan ikat pinggang.

“Kita ada hedge. Selain itu, kalau sudah begini kita harus kencangkan ikat pinggang,” kata Dian ketika ditemui pada acara peresmian gerai Xplor di XL Axiata Tower di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Dian memaparkan XL Axiata sebelumnya sudah merestrukturisasi hutang ke rupiah supaya eksposur dolarnya berkurang.

“Barang kali kalau rupiah naik terus, yang agak terganggu mungkin urusan Capex karena Capex kita kan 50% kita beli dalam USD,” ujarnya.

Saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh angka Rp14.949 per Rabu 5 September 2018 pukul 08.00 wib.

“So far masih dalam batas kuota kita. Belum ada revisi. Hedge kita di atas Rp15 ribu,” tutur Dian.

Saat ini tidak ada rencana rehedge karena Dian mengatakan hedging mahal.

“Kalau sampai lebih dari Rp15.000, bisa saja rehedge, tergantung harga rehedge-nya berapa. Yang kita harapkan bersama ya (dolar) jangan sampai naik lagi,” ucapnya.

Ketika disinggung apakah pelemahan rupiah akan berimbas ke biaya yang dibayar pelanggan, Dian menjawab tergantung market.

“Masalah harga tergantung market. Sekarang harga paket data sudah lebih stabil. Tidak ada lagi perang tarif gila-gilaan. Kalau adjustment sebenarnya ada terus secara berkala,” tutupnya.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest