Tuesday, July 16, 2019
Home News Huawei Sebut Kirin 980 Chipset Paling Powerful dan Efisien, Ini Spesifikasinya

Huawei Sebut Kirin 980 Chipset Paling Powerful dan Efisien, Ini Spesifikasinya

-

Jakarta,Selular.ID – Di ajang IFA 2018 yang dihelat di Berlin, Jerman, Huawei memperkenalkan chipset teranyarnya. Kirin 980. Chip dengan fabrikasi 7nm menjadi yang dikomersilkan pertama di dunia.

Advent Jose, Product Marketing Manager Huawei Device Indonesia menjelaskan mengenai spesifikasi yang dihadirkan Kirin 980. Menurutnya, Chipset ini juga ditenagai oleh GPU Mali G76 yang diklaim 46 persen lebih bertenaga dan 178 persen lebih efisien ketimbang versi sebelumnya.

Tidak hanya itu. Menurut Jose, dibandingkan dengan chipset yang diproduksi dengan teknologi 10nm seperti Kirin 970, Kirin 980 mengalami peningkatan performa sebesar 20 persen. Kepadatan transistor 1,6 kali memberikan penghematan daya sampai 40 persen.

Kirin 980 chipset pertama yang mengintegrasikan dual NPU (Neural-network Processing Unit), sekaligus. NPU ini seperti ‘otak’ pembelajaran mesin bagi sebuah smartphone.

“Kalau satu otak saja sudah bikin smartphone memiliki kecerdasan lebih, apalagi dua. Dengan kombinasi dua otak ini, kemampuan komputasi Artificial Intelligence (AI) di smartphone pun melambung tinggi,” ujar Jose, di Jakarta (21/9/18).

Dijelaskan Jose, semakin banyak aplikasi AI yang didukung dan ini menghasilkan smartphone yang lebih cerdas lagi untuk mendukung berbagai kebutuhan penggunanya.

Lebih jauh Jose menyebutkan, yang membuat Kirin 980 istimewa bukan hanya kecepatan dan tingkat efisiensi dayanya. Chipset ini juga dipersenjatai dual NPU on board yang dibuat untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI).

“Kirin 980 mampu scan foto 4500 per enam detik, tutur Jose, di Jakarta 21/09/18).

Terobosan ini dicapai dengan mendobrak batasan yang ada dalam teknologi semikonduktor. Kirin 980 memakai arsitektur heterogen untuk mengintegrasikan 6,9 miliar transistor dalam ruang kurang dari 1 sentimeter persegi untuk menghasilkan peningkatan kinerja yang luar biasa dan penghematan energi yang signifikan.

Dukung Sistem Fotografi Mobile di Smartphone

Tidak ketinggalan adalah bagaimana chipset SoC Kirin 980 mendukung sistem fotografi mobile di smartphone. Kirin 980 memakai Image Signal Processor (ISP) buatan sendiri yang merupakan generasi keempat, dengan throughput rate untuk piksel 46 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Alhasil, Kirin 980 bisa mengabadikan foto yang lebih indah dan jernih, serta mendukung lebih banyak kamera. Chipset ini juga dilengkapi dengan fitur reproduksi warna HDR yang baru, sehingga dapat menyesuaikan foto menurut kawasan dan keseimbangan warna yang lebih baik dan menampilkan detail dalam foto.

Sementara, untuk obyek yang bergerak, akurasi tracking sudah ditingkatkan, begitu juga pengenalan wajah dan pendeteksian obyek yang meningkat 97,4 persen, sehingga smartphone yang memakai chipset ini dapat merekam momen apapun dengan jelas.

Begitu juga kemampuan video yang dihasilkan mengalami peningkatan yang besar. Kirin 980 memakai teknologi pipeline yang didedikasikan khusus untuk meningkatkan kualitas video. Sendangkan dalam perekaman video dikurangi sampai 33 persen.

“Dengan begini, pengguna mungkin tak lagi membutuhkan kamera video, cukup dengan smartphone bisa membuat video clip yang jernih dengan mudah.,”tutup Jose

Latest