Wednesday, May 22, 2019
Home Apps Facebook Aktifkan Safety Check Gempa Donggala

Facebook Aktifkan Safety Check Gempa Donggala

-

Jakarta,Selular.ID – Setelah terjadi bencana gempa bumi skala 7,7 di Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat, 28 September 2018, sebagai jejaring sosial yang memiliki fitur keselematan bencana Facebook langsung bergerak.

Yang dilakukan facebook adalah
mengaktifkan fitur Safety Check atau pemeriksaan keselamatan setelah terjadi bencana gempa bumi.

Dalam katerangan resminya Facebook menjelaskan, fitur pemeriksaan keselamatan ini merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menginformasikan bahwa penggunanya berada dalam keadaan selamat serta mengecek keadaan orang lain setelah suatu krisis atau bencana alam terjadi.

Lebih lanjut, Facebook juga memberdayakan masyarakat untuk membantu satu sama lain di saat krisis. Kini, orang dapat meminta dan menawarkan bantuan yang mereka butuhkan, seperti makanan, tempat tinggal dan transportasi, dari dalam Safety Check. Tulisan dapat dilihat berdasarkan kategori dan lokasi, yang memudahkan orang untuk menemukan bantuan yang mereka butuhkan.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help, menurut keterangan Facebook.

Pengaktifan fitur Pemeriksaan Keselamatan ini melalui beberapa tahapan. Berikut prosesnya:

1. Facebook menerima peringatan dari agen pelaporan krisis global Facebook bahwa sebuah insiden terjadi di lokasi tertentu.
2. Facebook memonitor posting terkait insiden tersebut.
3. Jika cukup banyak orang di area terdampak mem-posting tentang insiden itu di Facebook, Pemeriksaan Keamanan atau Safety Check diaktifkan.
4. Jika tidak terjadi apa-apa, baik-baik dapat memilih “Tell Friends Your Safe” atau “Beritahu Teman, dan Facebook akan memberi tahu teman.
5. Pengguna juga dapat melihat teman mana yang menandai dirinya aman, mengundang lebih banyak teman ke Pemeriksaan Keselamatan, menemukan, dan memberikan bantuan.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest