Wednesday, July 17, 2019
Home News Tidak Berbentuk Aplikasi, Garasi Klaim Tetap Stabil Diakses di Smartphone

Tidak Berbentuk Aplikasi, Garasi Klaim Tetap Stabil Diakses di Smartphone

-

Jakarta,Selular.ID – Sebagai marketplace jual beli mobil, garasi.id menyadari bahwa banyak penggunanya mengakses melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Hal tersebut dikatakan Ardyanto Alam, CEO Garasi, menurutnya, hampir 91 persen, pengguna mengakses melalui smartphone dan tablet. Sisanya melalui desktop.

“Banyak yang mengakses melalui smartphone dan tablet, presentasenya kurang tahu persis, namun jika disatukan mencapai 91 persen,” ujar Ardy, di Jakarta (30/08/18).

Menyadari bahwa penggunanya banyak mengakses melalui perangkat mobile, hal tersebut tidak membuat pihak Garasi mengambil langkah membuat aplikasi yang dapat diunduh penggunanya dan diakses kapan pun dimanapun denganĀ  cepat.

Menurut Ardy, untuk saat ini tidak perlu, pasalnya butuh pertimbangan untuk membuat aplikasi diluar biaya.

“Menurut saya aplikasi itu tidak cukup efisien dalam memasarkan produk, karena butuh storage dan biaya besar, lalu ketika sudah jadi aplikasi, pengguna mengunduh, lalu ketika pengguna mendapatkan apa yang diinginkan biasanya akan diunistall,”ujar Ardy.

Sehingga sampai saat ini, garasi cukup percaya diri dengan teknologi yang tersemat dalam paltformnya. Dikatakan Ardy dengan Progressive Web Apps (PWA) membuat garasi dapat diakses di desktop dan diperangkat mobile dengan kinerja stabil dan tidak berat.

Di perangkat mobile, Ardy menjanjikan bahwa garasi dapat diakses seperti membuka aplikasi dan mudah digunakan walaupun bagi pengguna pemula.

Pasalnya, PWA adalah aplikasi web yang berjalan layaknya aplikasi native, notifikasi dan UX seperti aplikasi native.

Dikatakan Ardy, dengan konsep offline first dan Web APIs baru, aplikasi yang berjalan pada browser tidak akan memunculkan pesan network error atau white screen seperti yang selama ini seringkali dialami ketika berada pada jaringan yang sangat buruk.

“Pada PWA, ketika kita meninggalkan browser, dan kembali lagi membuka aplikasi tersebut pada jaringan buruk atau tanpa jaringan sekalipun kita tidak akan kehilangan UI dan data-data terakhir, seperti contohnya aplikasi chat Blackberry,”janji Ardy.

Latest