Jakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu, Samsung memperluas pabrik ponsel di India yang berlokasi di Noida, dekat ibu kota New Delhi, India. Kini pabrik di India tersebut diklaim merupakan yang terbesar di dunia. Pabrik yang terletak di India utara itu, bertujuan untuk melipatgandakan produksi handset dan mengamankan posisi teratas di India.

Samsung Indonesia beberapa waktu lalu juga pernah berencana memperluas pabrik di Indonesia. Namun, hingga kini rencana tersebut tak kunjung terealisasi.

Di awal pemerintahan Presiden Jokowi pada tahun 2014 lalu, Samsung telah membangun parbik ponsel di Indonesia. Bahkan Presiden Jokowi sudah memberikan izin terakit pembangunan pabrik ponsel Samsung di Indonesia dan sudah terealisasi. Samsung sendiri sudah meresmikan pabrik khusus smartphone dan tablet di Indonesia yang berlokasi di kawasan industry Jababeka, Cikarang, Bekasi pada tahun 2015 silam.

Pembangunan pabrik ponsel Samsung di Indonesia tersebut untuk memenuhi segala peraturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Kewajiban pembangunan pabrik sebenarnya sudah diatur dalam Permendag No. 82/M-DAG/PER12/2012, tentang ketentuan impor ponsel, komputer genggam, dan komputer tablet. Ini juga merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) no. 19/PER/M.KOMINFO/09/2011 tanggal 14 September 2011 yang menyebutkan kewajiban TKDN sebesar 30% untuk vendor smartphone di Indonesia.

“Kita sudah memenuhi peraturan pemerintah untuk pendirian pabrik khusus ponsel di Indonesia. Ini juga kami lakukan untuk memenuhi TKDN 30%. Kapan pastinya saya lupa, yang jelas sudah lama,” ujar Denny Galant, IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia saat ditemui Selular.ID beberapa waktu lalu di Jakarta.

(Kiri-kanan : Denny Galant dan Jo Semidang, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia) Donnie (Kiri-kanan : Denny Galant dan Jo Semidang, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia) Donnie Pratama Putra/Selular.ID

Disampaikan Denny, semua lini ponsel Samsung di produksi di pabrik Cikarang. Sayangnya, Denny tidak bisa menyebutkan detail mengenai proses produksi di pabrik ponsel di Cikarang, apakah di pabrik tersebut hanya melakukan proses perakitan saja, semua komponen dipasok dari Samsung pusat, Korea Selatan atau semua komponen hardware ponsel juga diproduksi di pabrik tersebut.

Untuk mengkonfirmasi hal ini, kami Redaksi Selular.ID juga sudah memberikan pertanyaan resmi kepada Samsung Indonesia terkait perluasan pabrik di Indonesia. Seperti apa kelanjutannya ? Ditunggu saja.