Monday, June 17, 2019
Home News Telco Pemerintah Janjikan Permen IoT Akan Disahkan Tahun Ini

Pemerintah Janjikan Permen IoT Akan Disahkan Tahun Ini

-

Jakarta, Selular.ID – Tren Internet of Things (IoT) terus tumbuh, seiring makin banyaknya perusahaan besar dan kecil yang berlomba-lomba mengkoneksikan segala macam device, perlengkapan rumah tangga, bahkan mobil dan teknologi lainnya, antar sesama dengan Internet. Alasannya jelas, besarnya peluang bisnis yang dijanjikan. Dengan kata lain, IoT adalah ladang emas yang belum terjamah.

Di Indonesia, orang-orang belum menganggap IoT penting. Namun pelan-pelan, masyarakat akan menggunakannya, karena trennya sudah ke arah sana. Berbicara mengenai IoT, di Indonesia sendiri Peraturan Menteri (Permen) masih belum disahkan, sehingga hal ini masih dipertanyakan, bagaimana jika industrinya sudah siap, namun perataruan mengenai IOT sendiri belum ada.

Mengenai hal itu, Mochamad Hadiyana, M. Eng, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika menjelaskan bahwa, Peraturan Menteri mengenai IoT akan disahkan tahun ini.

“Akan dipresentasi draft rencana Roadmap IT di Indonesia untuk mendapatkan masukan-masukan dari industri,”kata Hadiyana, di sela-sela acara Konferensi Asia IoT Business Platform Edisi ke-25 di Jakarta (28/08/18)

Menurut Hadiyana regulasi ini menjadi penting sebab di industri tidak dapat dielakkan lagi. Perusahaan harus mampu menerapkan teknologi ini atau akan tertinggal zaman.

Hadiyana menyebut regulasi ini dibuat agar ada standarisasi untuk interkoneksi antar perusahaan. Sehingga setiap operator tidak berjalan sendiri sendiri dalam penerapan interkoneksi IoT.

Hadiyana menambahkan, pemerintah ingin penerapan IoT memiliki standarisasi yang supaya bisa saling komunikasi. Kalau ada satu perusahaan punya teknologi lebih canggih kan ribet lagi untuk melakukan koneksi. Jadi yang disepakati dulu saja supaya pertukaran data antara IoT juga bisa dilakukan.

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest