Tuesday, July 16, 2019
Home Tips Menatap Komputer Buat Mata Lelah, Cegah Dengan Cara Ini

Menatap Komputer Buat Mata Lelah, Cegah Dengan Cara Ini

-

Jakarta, Selular.ID – PC Desktop ataupun laptop masih menjadi kebutuhan bagi manusia dalam menyelesaikan atifitas sehari-hari terutama bekerja. Para pekerja biasanya menggunakan PC atau laptop seharian penuh untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun, jika terlalu lama berkutat dengan komputer bisa membuat mata Anda lelah, kabur dan sakit.

Para pengguna komputer biasanya sering menderita computer vision syndrome yang menyebabkan penglihatan kabur dan terkadang kepala menjadi pusing. Hanya dalam waktu 2 jam di depan monitor para pengguna komputer dapat terjangkit sindrom ini. Jika hal ini terjadi, tentunya akan menurunkan produktifitas Anda dalam bekerja.

Untuk mencegah mata lelah saat bekerja seharian di depan komputer, Anda harus memperhatikan 4 hal berikut ini.

  1. Atur brightness

Layar yang silau bisa membuat kepala Anda menjadi pusing. Untuk mengatasinya, Anda harus sesuaikan kecerahan untuk menghindari refleksi pada layar. Selain itu, Anda juga bisa memasang lapisan anti-glare pada PC Desktop ataupun laptop untuk melindungi mata Anda.

  1. Perbesar teks

Menatap teks berukuran kecil bisa membuat mata lelah dan terkadang menimbulkan sakit kepala. Anda bisa membesarkan ukuran teks dan color contrast untuk memudahkan Anda saat membaca.

  1. Berkedip

Ketika sedang asik menatap layar komputer, maka secara tidak sadar Anda jadi lupa berkedip. Lupa berkedip dapat membuat mata Anda kering, lelah bahkan menjadi sakit. Jadi, sebaiknya Anda berkedip sesering mungkin agar mata tidak kering. Anda juga bisa menggunakan tetes mata untuk mencegah mata kering.

  1. 20-20 Rule

Satu lagi yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak negatif layar komputer yakni 20-20 rule. Terapkan aturan 20 menit bekerja, 20 detik melihat sesuatu dari jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Mata manusia memiliki otot yang membantunya bergerak dan fokus pada obyek berbeda, tetapi jika kita melihat layar di jarak yang sama selama beberapa jam dalam sekali waktu, otot akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri ketika ketika bergerak lagi.

Latest