Wednesday, December 11, 2019
Home Apps Membeli Makanan dan Minuman Segar Menjadi Tren Baru Belanja Online

Membeli Makanan dan Minuman Segar Menjadi Tren Baru Belanja Online

-

Jakarta,Selular.ID – Dalam riset tahunan yang diadakan Tetra Pak mencatat bahwa belanja makanan dan minuman (e-grocery) jadi trend baru dalam belanja online.

Cara belanja e-grocery kian digemari diseluruh dunia sesuai hasil riset Terta Pax Index 2018. Melalui smartphone konsumen dapat memenuhi kebutuhan sehar-hari.

Hal tersebut dijelaskan Gabrielle Agriani, Communications Manager Tetra Pak Indonesia, menurut Agriani, E-grocery telah dipandang sebagai cara baru bagi konsumen terutama bagi mereka yang terbiasa dengan belanja pangan secara offline.

Dikatakan Agriani, jenis produk tersedia dan dapat diakses secara online serupa seperti yang ditawarkan di toko-toko, termasuk makanan dan minunan dalam kemasan.

“Sebanyak 1,2 persen konsumen di Jakarta telah berbelanja pangan secara online pada 2016 dan diharapkan terus tumbuh hingga 5,4 persen pada 2030. Sementara itu kegiataan belanja di pasar tradisional sebelumnya 56,3 persen pada 2016,”ujar Gabrielle Agriani, di Jakarta (09/08/18).

Melihat tren itu salah satu e-commerce lokal Bukalapak pun mengamini. Disampaikan Rahmat Danu Andika, Associate Vice President of O2O Business Bukalapak, di Bukalapak untuk kategori RTD (Resistance Temperature Detector) atau biasa disebut makanan dan minuman segar mencatat puluhan juta minuman terjual di semester satu 2018.

“Penjualan melalui marketplaces dan melalui distributor ke UKM warung di seluruh Indonesia,” ujar Danu.

Perlu diketahui, E-grocery biasanya menawarkan makanan segar yang tahan lama dan proses pengirimannya juga berbeda. Selain sayuran ada juga E-commerce yang menawarkan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti bedak, atau kebutuhan bayi.

Barang yang dijual tidak lah begitu berbeda jauh dengan yang biasa di jual di supermarket atau department store di kota-kota.

Latest