Foto: Istimewa

Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan penelitian konsumen Kaspersky Lab, satu dari lima (18%) orang mengatakan foto dan video adalah data paling penting yang disimpan pada gawai mereka.

Penelitian lain ditemukan bahwa sebanyak 28% responden mengatakan bahwa jika terjadi kehilangan perangkat baik karena dicuri atau sebab lain. Sehingga mereka tidak bisa mendapatkan kembali foto dan video tersebut. Menurut statistik Kaspersky Lab, fitur Anti-Theft pada Kaspersky Internet Security untuk produk Android dijalankan rata-rata 1,5 kali setiap menit.

Rata-rata 23.000 perangkat Android dilaporkan hilang atau dicuri dalam sebulan. Kaspersky Lab sendiri saat ini selalu memperingatkan masyarakat agar berhati-hati menyimpan data mereka di ponsel.

BACA JUGA:
Waspada, Penipuan Tiket Gratis di WhatsApp

Studi lain Kaspersky Lab menunjukkan bahwa secara keseluruhan, empat persen orang di seluruh dunia pernah kehilangan gadget atau setidaknya telah sekali mengalami pencurian. Hampir dari setengah (57%) dari orang-orang tersebut pernah kehilangan perangkat Androidnya. Diikuti oleh kehilangan komputer laptop (29%) dan perangkat iOS (21%).

Total kerugian kehilangan gadet diperkirakan mencapai USD485. Dengan tool anti pencurian sederhana dan efektif, Anda kini memiliki kesempatan untuk mengaktifkan alarm perangkat mereka jika hilang. Anda juga dapat menemukan perangkat yang berada di lokasi yang jauh. Bahkan Anda dapat mengambil foto pelaku jika perangkatnya dicuri.

BACA JUGA:
Twitter Mudahkan Pengguna Intip Profil Akun Tak Dikenal

Hanya 22% orang yang menggunakan fitur anti pencurian untuk membantu melindungi perangkat mereka.

“Angka-angka ini menunjukkan skala jumlah perangkat yang akan hilang – terutama angka 23.000 hanyalah perangkat Android yang dilengkapi dengan fitur Anti-Pencurian Kaspersky Lab yang menyala! Adalah penting untuk melakukan perlindungan pada perangkat terhadap ancaman yang mungkin dihadapi. Dengan perlindungan Anti-Theft yang begitu mudah digunakan dan tersedia, saran kami untuk semua pengguna adalah mempertimbangkan melindungi perangkat mereka dan tetap dapat menikmati aktivitas sehari-hari,” papar Dmitry Aleshin, VP untuk Pemasaran Produk, Kaspersky Lab melalui keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:
3 Gadget Ini Bikin Musik Makin Asik

Fitur Anti-Theft pada produk Kaspersky Internet Security for Android akan mencegah data pengguna diakses apabila perangkat mereka hilang atau dicuri. Anda dapat mengunci dan mengidentifikasi lokasi perangkat dari jarak jauh jika hilang. Selain itu, Anda bisa menyalakan alarm perangkat bahkan jika menggunakan mode senyap serta banyak lagi.