Jakarta, Selular.ID – Google secara resmi menambahkan browser Chrome ke platform realitas maya Daydream miliknya. Mulai pekan ini, orang yang menggunakan headset Daydream View berbasis smartphone atau Lenovo Mirage Solo bisa mengakses Chrome dari layar beranda mereka.

Versi VR dari Chrome sebagian besar memiliki fitur yang sama dengan setelan di desktop, tetapi ada tambahan “mode bioskop” yang mengoptimalkan video web untuk melihat VR. Chrome mendukung standar WebVR, sehingga pengguna bisa mengakses pengalaman VR berbasis web pada headset Daydream mereka.

BACA JUGA:
Google Rilis Chrome Canvas, Ini Fungsinya

Sebelumnya pengguna Daydream (dan pengguna headset lain) sudah memiliki akses ke VR Chrome dan komponen WebVR-nya untuk sementara waktu, melalui versi uji coba browser atau melalui aplikasi Android seluler Chrome.

Namun pengumuman terbaru ini menempatkan versi Chrome sebagai aplikasi penjelajahan yang stabil dan lengkap, bukan eksperimen atau kanal terusan untuk WebVR.

BACA JUGA:
Ini Tablet Pertama Asus dengan Chrome OS

Integrasi Daydream dengan produk Google yang ada menjadi nilai jual terbaru bagi perusahaan, meskipun aplikasi Google VR telah menyebar ke banyak headset (seperti aplikasi YouTube untuk Samsung Gear VR), belum tentu pengguna langsung mengalihkan semua penjelajahan web mereka ke realitas virtual.

Tetapi browser web berfitur lengkap berguna untuk melakukan hal-hal seperti mencari tutorial untuk aplikasi VR – terutama di headset tunggal seperti Mirage Solo di mana Anda tidak bisa beralih kembali ke penelusuran seluler biasa.