fitur gmail baru

Jakarta, Selular.ID – Sebelum datang di Android, fitur yang bertajuk ‘Mode Rahasia’ ini sudah hadir untuk pengguna Gmail di Desktop lebih dahulu pada Mei lalu. Kini, para pengguna Android juga sudah bisa merasakan fitur yang serupa pada perangkatnya.

“Mode Rahasia sekarang sudah tersedia di perangkat seluler dan dapat membantu Anda melindungi informasi yang sensitif dari akses yang tidak sah” Cuit Gmail di akun Twitter-nya.

Fitur baru ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima e-mail rahasia. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Mode Rahasia ini? Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menetapkan waktu kedaluwarsa dan kode sandi pada sebuah pesan. Dengan begitu, jika waktunya yang ditentukan sudah tiba, pesan tersebut secara otomatis hancur dan tidak dapat diakses kembali.

Pengguna juga bisa mengatur waktu kedaluwarsa mulai dari satu hari hingga lima tahun. Setelah e-mail dikirim, pengguna tidak akan bisa mengubah waktu penghancur otomatis tersebut, tetapi akses ke e-mail rahasia ini bisa dicabut kapan saja jika diperlukan.

Fitur ini tentunya tidak akan berguna jika si penerima e-mail rahasia masih bisa meneruskan, menyalin, mencetak, atau mengunduh email tersebut. Maka dari itu, setelah fitur Mode Rahasia diaktifkan, Google akan mencabut semua opsi tersebut pada e-mail rahasia.

Pengirim e-mail bisa meminta penerima untuk memasukkan kode sandi agar pesan bisa dibuka. Kode sandi ini akan dibuat oleh Google secara otomatis dan akan dikirim ke penerima via SMS.

Sedangkan, jika pengguna mengirim e-mail ke pengguna non-Gmail, penerima tersebut tetap akan mendapatkan kode sandi untuk membuka pesan walaupun pengirim tidak mengaktifkan fitur kode sandi.

Tetapi sayangnya, masih ada satu kelemahan pada fitur ini, dilansir dari Android Authority (18/08), Gmail masih memungkinkan penerima untuk mengambil screenshot e-mail rahasia. Jika kalian khawatir tentang e-mail yang berisi informasi sensitif akan bocor, Mode Rahasia bukanlah jalan yang tepat untuk digunakan.

Untuk mengaktifkan Mode Rahasia, kalian harus menulis sebuah pesan terlebih dahulu. Kemudian, tap menu titik tiga, lalu tap lagi menu Mode Rahasia untuk mengaktifkannya dan menyetel tanggal kedaluwarsa. Sedangkan untuk mencabut ke e-mail rahasia yang sudah dikirim, kalian bisa membuka email rahasia tersebut dan tap opsi Hapus Akses di bagian bawah email.

fitur gmail baru

Fitur ini baru hanya tersedia pada perangkat berbasis Android saja. Belum diketahui kapan fitur ini akan tiba untuk pengguna iOS.