cara keluar group whatsapp tanpa ketahuan

Jakarta,Selular.ID – Pengguna WhatsApp dapat mencadangkan atau backup percakapan ke Google drive secara gratis pada November mendatang.Backup tersebut dapat dilakukan pengguna WhatsApp secara gratis, tepatnya 12 November 2018.

Selama ini, WhatsApp memang tidak memungut biaya untuk mencadangkan data WhatsApp ke akun Google.

Seperti dilaporkan Bgr, sebelumnya, pengguna Android yang mengaktifkan akun Google-nya akan mendapatkan kuota gratis di Google Drive sebesar 15 GB.

Dengan kerja sama baru antara Google dan WhatsApp ini, maka semua backup tidak akan mengambil kuota 15 GB tadi. Transisi ini akan mulai berlaku 12 November mendatang.

BACA JUGA:
WhatsApp Ujicoba Pesan Suara Untuk Android

WhatsApp mengumumkan bahwa wakti yang sudah ditentukan, backup WhatsApp tidak akan lagi diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive.

Sementara backup WhatsApp yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive.

Pengguna dapat mencadangkan chat dan media ke Google Drive dan bila mengganti ponsel Android atau membeli yang baru, obrolan dan media juga dapat dialihkan.

BACA JUGA:
Pembaruan WhatsApp Gold, Berpotensi Ada Malwarenya

Ponsel disarankan tersambung ke jaringan Wi-Fi sebelum mencadangkan chat melalui Google Drive, karena file cadangan dapat bervariasi ukurannya dan mengonsumsi data seluler, sehingga menyebabkan biaya tambahan.

Cara mencadangkan data untuk membuat cadangan Google Drive, pertama yang dilakukan adalah membuka WhatsApp, kemudian pilih Menu, lalu Setelan ,Chatting, Cadangan chat. Selanjutnya, pilih Cadangkan ke Google Drive, dan pilih frekuensi pencadangan selain.

Sampai langkah tersebut, pengguna pilih akun Google untuk membuat cadangan riwayat obrolan. Jika tidak memiliki akun Google, ketuk Tambahkan Akun ketika diminta dan masukkan kredensial login. Harap ingat akun Google yang digunakan untuk cadangan.

BACA JUGA:
WhatsApp Bikin Beragam Stiker di Keyboard Google

Ketuk cadangkan untuk memilih jaringan yang ingin digunakan untuk membuat cadangan. Harap dicatat bahwa mencadangkan lewat jaringan data seluler dapat mengakibatkan biaya data tambahan.

Pencadangan lengkap untuk pertama kalinya bisa memakan waktu cukup lama. WhatsApp menyarankan untuk menghubungkan ponsel pengguna ke sumber daya. Namun, pencadangan berikutnya bersifat inkremental, sehingga tidak memerlukan cadangan baru untuk semua data setiap saat.