whatsapp for business, whatsap bisnis

Jakarta,Selular.ID – WhatsApp Businnes yang diluncurkan beberapa waktu lalu, dihadirkan untuk mempermudah pebisnis berkomunikasi dengan pasarnya, sekaligus memonetisasi layanan yang selama ini gratis.

Fitur-fitur yang terdapat pada WhatsApp Business antara lain, menyortir, otomatisasi pesan, merespons pesan dengan cepat.

Setelah memiliki banyak pengguna, Kini, WhatsApp menerapkan sistem antarmuka baru pada Business untuk mendorong penetrasi dan menambah pemasukan. Ada tiga tool yang digencarkan.

Seperti diberitakan Gadget Ndtv, ada tiga tool yang digencarkan, Tool pertama, meminta informasi yang diperlukan. Ketika pengguna membutuhkan konfirmasi pengiriman barang atau boarding pass, bisa menyerahkan nomornya ke situs perusahaan yang bersangkutan.

Tool kedua, perusahaan akan bergegas memberikan informasi-informasi penting via WhatsApp. Tombol ini tersedia pada situs atau akun Facebook perusahaan yang bekerja sama dengan WhatsApp Business. Ketika menekan tombol click-to-chat, pengguna tidak perlu menyimpan nomor perusahaan yang bersangkutan. Pengguna bisa langsung memulai chat dengan admin WhatsApp-nya dan menanyakan hal-hal yang ingin diketahui.

Ketiga, mendapat dukungan secara real-time. Perusahaan bisa menyediakan solusi-solusi praktis atas keluhan pengguna atau tutorial dan pengenalan mendalam terkait produk yang mereka jajakan melalui fitur ini. Untuk setiap pesan yang dikirim perusahaan WhatsApp mengenakan biaya 0,5 hingga 9 sen (Rp 71 hingga Rp 1.200), berdasar lokasi.

Jika tak berkenan, pengguna juga bisa memblok akun perusahaan semudah memblok akun biasa. Sejauh ini WhatsApp belum tertarik memonetisasi layanannya dengan membubuhkan iklan. Hal ini untuk menjaga kenyamanan pengguna dalam berinteraksi. Apakah model bisnisnya akan terus mengandalkan pada WhatsApp Business? Kita lihat saja ke depannya.

Kecepatan komunikasi lewat WhatsApp Business diklaim lebih cepat ketimbang menelpon customer service atau mengirim email.

Sebagai inormasi, WhatsApp Business, diluncurkan pada Januari untuk pengguna Android di enam negara, yaitu India, Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. WhatsApp mulai memverifikasi akun bisnis Agustus lalu.

Dengan kemudahan yang didapat bagi pelaku usaha di dalam fiturnya, membuat WhatsApp Business cukup digemari hal ini dilihat dari pengguna yang sudah mencapai 3 juta sejak digulirkan.

Cara menggunakan WhatsApp Business pun cukup mudah, pengguna download WhatsApp Business di toko aplikasi ponsel, setelah pengunduhan selesai pengguna bisa mulai dengan membuka aplikasi. Kemudian klik tombol ‘Agree and Continue’ yang berisi persyaratan menggunakan aplikasi tersebut.

Kemudian masukkan nomor ponsel yang ingin didaftarkan, setelah itu sistem akan secara otomatis mengirim dan mendeteksi kode verifikasi yang dikirim melalui pesan singkat.