Jakarta, Selular.ID – Microsoft dikabarkan akan membuat cara praktis, untuk login ke layanan online. Supaya tidak perlu password.

Meskipun tanpa password, fitur itu dikabarkan aman, namun tetap praktis dalam mengakses berbagai layanan.

Seperti dilaportkan Neowin, fitur bernama web authentication diharapkan dapat memberikan keamanan bagi pengguna yang sedang browsing.

Fitur ini akan mulai tersedia di Windows 10 Insider Preview build 17723 atau versi yang lebih tinggi.

BACA JUGA:
Windows 10 Jadi Sistem Operasi PC Paling Populer

Dalam keterangannya, pihak Microsoft menjelaskan, dengan fitur web authentication, pengguna dapat login ke sebuah akun dengan memindai sidik jari atau wajah. Hal ini tentu membuat pengguna lebih mudah serta memungkinkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Selain dengan wajah dan sidik jari, pengguna juga bisa menggunakan PIN atau kunci keamanan yang berteknologi FIDO2.

BACA JUGA:
Tahun Depan Microsoft Stop Dukungan ke Windows 7

Keuntungan lainnya dari fitur web authentication adalah pengguna tidak perlu mengunduh software sendiri. Hal ini dimungkinkan berkat kemitraan antara Microsoft dengan situs pendukung.

Rencananya, Microsoft akan memperluas web authentication ke banyak situs lainnya. Hal ini, kata Micorosft, merupakan upayan untuk menuju “pengalaman browsing tanpa password.

Microsoft mengklaim bahwa Edge memiliki dukungan WebAuthn yang terlengkap, dengan support untuk perangkat authenticator lebih beragam dibanding browser lain.