Jogjakarta, Selular.ID – Jaringan 4G LTE tidak hanya mencakup kota besar saja di Indonesia. Bahkan di daerah terpencil pun Smartfren sudah menjangkaunya. Misalnya daerah Jogjakarta dan Jawa Tengah.

“Smartfren punya teknologi TDD dan FDD untuk mengoptimalkan jaringan 4G dan 4G+. Jangkauan jaringan dengan dua teknologi ini lebih luas. Jarak 2 hingga 3 kilo, masih bisa dicover oleh jaringan Smartfren,” papar Wahyudiono, Regional Network Operations and Maintenance Central Java Smartfren di Jogjakarta, Rabu (16/8/2018).

BACA JUGA:
Smartfren Berikan Kartu Kuning Bagi TKA Kontraktor Ilegal
Wahyudiono, Regional Network Operations and Maintenance Central Java Smartfren (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

FDD sendiri merupakan singkatan dari Frequency Division Duplexing. Artinya cara pengantaran data menggunakan dua buah channel yang berbeda antara transmitor dan receiver. Sedangkan TDD (Time Division Duplexing) merupakan proses distribusi dan penerimaan data dalam satu channel frekuensi yang sama dengan pemisahan jeda waktu yang singkat.

“TDD mengusung kapasitas besar. Sedangkan FDD memiliki jangkauan lebih luas. Keduanya bisa jadi agregat,” papar Wahyu.

BACA JUGA:
Kini Pelanggan Bolt Bisa Nikmati Layanan Smartfren

Dijelaskan Wahyu teknologi tersebut dapat dirasakan terutama di wilayah Candi Plausan di Klaten, Jawa Tengah dengan koneksi 4G lebih stabil dan cepat.

“Saat ini jumlah BTS yang tersebar di wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah 2844. Sekitar 300 titik BTS kita tempatkan di Jl. Ringroad, Jogjakarta. Akhir tahun 2018 ini kita menargetkan jumlah BTS yang akan dibangun berjumlah 4000 di wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah,” tutup Wahyu.