Jakarta, Selular.ID – Dalam sebuah laporan bertajuk Barometer of mobile Internet connections in Indonesia yang dikeluarkan oleh Nperf, di paruh pertama tahun 2018 Smartfren dinyatakan sebagai penyedia layanan internet selular terbaik.

Dalam laporannya Nperf menyebutkan bahwa selama enam bulan pertama tahun 2018, nPerf di Indonesia telah mengumpulkan 319.552 tes, termasuk tes kecepatan, tes streaming dan tes browsing.

Smartfren memimpin dengan kecepatan unduh 13,94 Mbps. Telkomsel harus merelakan posisi pertamanya dengan menempati urutan kedua dengan kecepatan unduh 6,27 Mbps. Di posisi ketiga ada Bolt dengan kecepatan unduh mencapai 5,85Mbps dan diikuti XL Axiata di posisi keemat dengan kecepatan unduh 5,4i Mbps. Indosat dan Tri berturut-turut ada di posisi 5 dan 6 dengan kecepatan unduh masing-masing 2,82 Mbps dan 2,75Mbps.

BACA JUGA:
Respon Pengguna Masih Positif, Smartfren Kembali Luncurkan Dua Modem Baru

Namun demikian, untuk pengujian performa browsing dan streaming Youtube, Telkomsel masih unggul di tempat pertama dengan skor berturut-turut 28,87 persen dan 61,34 persen. Sedangkan untuk performa browsing dan streaming Youtube, Smartfren mendapatkan skor 21,99 persen dan 5,78 persen.

Menanggapi laporan yang dikeluarkan Nperf ini, Merza Fachys, DIrektur Utama Smartfren menyampaikan bahwa ada banyak progres yang patut dicatat dalam pencapaian statistik Nperf ini bagi Smartfren.

BACA JUGA:
Pastikan Jaringan Optimal Pasca Tsunami Banten, Smartfren Gunakan Genset dan Baterai Cadangan

” Smartfren mendapatkan jumlah test source terbanyak diantara provider lain. Ini menunjukkan bahwa pencinta Smartfren makin banyak diantara pengguna aplikasi nperf. Artinya mayoritas pengguna SF adalah orang2 yg concern akan kualitas jaringan dan mengerti apa yg mrk cari dari sebuah layanan data,” kata Merza.

Lebih lanjut disampaikan Merza, Hal ini merupakan challenge bagi Smartfren untuk selalu menjaga kulaitasnya dan memenuhi ekspektasi mereka yang rata-rata lebih tinggi dari pengguna internet yang awam.

BACA JUGA:
Smartfren Serahkan Bantuan Koneksi Internet untuk PKBM Tangerang

“Record menunjukkan bahwa success ratio layanan data Smartfren bukan hanya tertinggi, tapi konsisten atau stabil selalu di atas dalam 6 bulan ini. Artinya SF mampu menjaga stabilitas layanan tanpa tergantung pada saat high atau low traffic. Dimanapun dan kapanpun layanan Smartfren 99.9% selalu 4G. Jadi, Smartfren adalah operator selular yang tidak memberikan layanan yang lebih rendah dari 4G,” pungkas Merza.