Jakarta, Selular.ID – Laporan terbaru lembaga riset, Snapcart menyebutkan bahwa Ramadan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia. Sebanyak 79,2% konsumen mengetahui dan mengikuti program spesial Ramadan dari situs-situs belanja online di Indonesia.
Program Ramadan dari Shopee memperoleh awareness paling tinggi 73%. Selanjutnya diikuti oleh Tokopedia 58%, Bukalapak 30%, Lazada 28%, JD.ID 14% dan Blibli 10%.
62% responden menjawab aktif berpartisipasi dalam program Ramadan Goyang Hujan Emas dan Big Ramadan Sale dari Shopee. Sementara 45% responden menjawab berpartisipasi dalam program Shake-Shake dan Semarak Ramadan Ekstra dari Tokopedia dan 16% responden berpartisipasi dalam program Puashake dan Puasale dari Lazada. Peringkat berikutnya responden berpartisipasi dalam program serupa dari Bukalapak, JD.ID dan Blibli.
“Shopee, Tokopedia dan Bukalapak merupakan tiga situs belanja online terbesar di Indonesia. Sehingga sangat banyak dikunjungi pembelanja online,” sebut Felix Sugianto, Business Development Director Snapcart Asia Pasifik di Jakarta melalui keterangan resmi yang diterima Selular.ID.
Jejaring sosial merupakan media yang paling banyak diakses konsumen untuk mendapatkan informasi program Ramadan. 52% responden mengetahui program Ramadan dari media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan youtube. 44% mengetahui program Ramadhan melalui iklan di televise, 44% tahu melalui iklan di media online lain dan 27% tahu melalui iklan di aplikasi-aplikasi online. 18% tahu melalui kabar dari mulut ke mulut serta 11% melalui iklan luar ruang dan 9% tahu dari berita media massa.
Riset Snapcart menunjukkan pakaian dan aksesoris fashion masih menempati posisi paling tinggi, yakni 40% pembelanja online membeli produk-produk ini. Selanjutnya 28% membeli produk-produk digital seperti games, aplikasi berbayar, asuransi online dan lain-lain. 23% membeli produk kosmetik dan kebutuhan personal, 21% membeli gadget dan aksesorisnya, 17% membeli produk kebutuhan rumah tangga, 16% membeli sepatu, 15% membeli pakaian dan perlengkapan bayi dan 15% membeli berbagai jenis tas.
“Ini sesuai dengan budaya orang Indonesia yang merayakan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri selalu dengan memakai baju baru. Yang menarik, kini berbelanja produk fashion semakin banyak dilakukan melalui situs belanja online,” jelas Soon Lee Lim, Chief Revenue Officer Snapcart Asia Pasifik.
Jenis produk yang diminati berdasarkan gender dari perspektif gender. 66% perempuan menyukai program Ramadan Goyang Hujan Emas dan Big Ramadan Sale dari Shopee. Sementara para pria, 36% menyukai program Ramadan Shake-Shake dan Semarak Ramadan Extra dari Tokopedia.