Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Fitbit Versa: Smartwatch Bergaya dengan Harga Terjangkau

Review Fitbit Versa: Smartwatch Bergaya dengan Harga Terjangkau

-

Jakarta,Selular.ID – Fitbit resmi memboyong smartwatch ke Indonesia pada  awal Juni 2018 lalu. Nama Fitbit tentu tidak asing bagi konsumen wearable device (perangkat yang bisa dikenakan) tanah air. Fitbit termasuk Top 5 vendor global wearable device menurut laporan IDC (Q1 2018) bersama Apple, Xiaomi, Garmin, dan Huawei.

Fitbit Versa adalah smartwatch ringkas dan ringan serta pelacak kebugaran dengan antarmuka yang ditingkatkan untuk pembacaan statistik kebugaran yang lebih mudah. Tahan air hingga 50 meter, dan berfungsi dengan iOS dan Android.

Fitbit Versa memiliki desain indah mirip seperti smartwatch besutan Apple, Apple Watch. Versi ini lebih murah dari produk lainnya milik Fitbit, Ionic. Berbagai fitur yang notabanenya dimiliki oleh smartwatch lain sudah tertanam pada Fitbit Versa. Namun sayangnya, seri smartwatch terbaru Fitbit ini tidak dilengkapi dengan GPS dan NFC.

Lalu, apa saja keunggulan Fitbit Versa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain dan Display

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Fitbit Versa merupakan alternative Apple Watch yang memiliki desain mirip. Versa tidak hanya estetis, tapi mungkin salah satu smartwatch paling nyaman yang Fitbit buat berkat bobotnya yang lebih ringan.

Di sisi kiri terdapat tombol utama untuk bangun/kembali, sementara di sebelah kanan ada dua tombol jeda dan selesai ketika sudah menyeselesaikan latihan. Tombol ini terbukti bekerja secara sempurna saat menggunakannya ketika sedang fokus latihan. Di bagian belakang terdapat titik sensor serta pin untuk pengisian daya.

Untuk strapnya sendiri masih mengusung gaya gesper tradisional yang sangat mudah untuk dikencangkan dan dilepas, namun tetap mempertahankan genggaman selama latihan yang intens.

Seperti pada Ionik, tali ini juga dapat diganti dengan banyak jenis, seperti logam bewarna, kain, atau versi silikon.

Adapun untuk tampilan display, Fitbit Versa memiliki layar sentuh bewarna dan cerah dengan kecerahan hingga 1.000 nit. Kecerahan ini memungkinkan layar Versa tetap terlihat jelas walaupun dibawah sinar matahari atau dibawah air.

Layar sentuhnya juga sudah ditingkatkan daripada Ionic, yang tampaknya sedikit bermasalah karena latensi. Dengan Versa, segala aktifitas sentuh-menyentuh tampak lebih baik dan responsif.

Fitbit Versa hadir dengan OS 2.0 terbaru milik Fitbit, termasuk tampilan dasbor baru yang terlihat lebih sederhana dan intuitif dari data kesehatan dan kebugaran Anda.

Anda dapat melihat statistik kesehatan dan kebugaran harian maupun mingguan secara sekilas seperti aktivitas historis, detak jantung, dan ringkasan olahraga di layar utama.

Yang lebih menarik, tampilan pada Fitbit Versa dapat Anda kostumisasi sendiri. Anda juga dapat membeli tampilan dari pengembang pihak ketiga, beberapa diantaranya dapat disesuaikan hingga ke warna teks dan pengaturan data.

Masa pakai baterai

review fitbit versa, review fitbit versa indonesia

Fitbit Versa memiliki daya tahan baterai selama empat hari jika digunakan secara intens, dan tersambung dengan perangkat (Android/iOs). Namun jika hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, atau hanya sekedar untuk melihat jam, Versa mampu bertahan selama satu minggu penuh tanpa latihan intens dan tersambung ke perangkat.

Setelah diisi penuh dan menggunakannya selama 24 jam penuh, termasuk dua kali latihan intens dan tidur, baterai Versa masih tersisa 70%. Setelah tiga hari penuh digunakan, baterai Versa mulai menyusut menjadi 10% dan nol di tengah hari keempat.

Sedangkan untuk pengisisan perangkat, Fitbit membekali Versa dengan dock clip-in, yang membuatnya lebih mudah untuk diisi dibandingkan dengan pin magnetik pada Ionic.

Fitur Kebugaran

review fitbit versa, review fitbit versa indonesia

Beberapa olahraga utama seperti jogging, berenang, bersepeda, dan latihan lainnya sudah terdapat pada smartwacth Fitbit ini. Untuk melacak kegiatan lari Anda, cukup memilih tab running dari opsi Exercise dengan cara menggeser ke kiri dari layar awal, lalu ketuk “Go”.

Selama latihan, jam akan menampilkan pilihan vital Anda, yang akan berbeda tergantung pada latihan apa yang Anda lacak. Sebagai contoh, opsi yang sedang berjalan akan menampilkan jarak dan waktu, sedangkan opsi berenang akan menampilkan panjang dan meter berenang di sepanjang waktu, dan kemudian opsi latihan umum akan menunjukkan denyut jantung kalori yang terbakar.

Banyak variabel pelacakan lainnya juga dapat dilihat, seperti waktu dan waktu saat ini, dengan menggesek ke kiri atau ke kanan pada tampilan utama selama pelacakan latihan.

Setelah latihan selesai, Versa akan menampilkan ringkasan. Dalam sesi berlari misalnya, ringkasan latihan Versa memberi tahu kami berapa denyut jantung maksimum dalam beats per minute (BPM), di samping rata-rata BPM kami selama seluruh latihan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan latihan dan jarak tempuh.

Kesimpulan

Walaupun fitur-fitur yang diberikan tidak setingkat dengan Fitbit Ionic, Versa mampu menghadirkan fitur standar jam pelacak kebugaran dengan desain yang bergaya. Yang membuatnya sangat istimewa adalah, Anda cukup mengeluarkan Rp 3,6 juta.

Harga ini lebih terjangkau dibanding Anda memilih Fitbit Ionic, karena secara keseluruhan, Versa sudah dapat menunjang aktivitas kebugaran Anda.

Jadi, Versa bukan sekadar teman olahraga, tetapi jam tangan pintar sehari-hari dengan fungsi kebugaran tambahan bagi mereka yang mencari fitur konektivitas smartphone seperti dukungan notifikasi dan juga sadar akan kesehatan.

Artikel Terbaru