Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan akan adanya daya yang mampu menunjang aktivitas harian pada smartphone menjadi semakin tinggi. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan melalui perangkat pintar ini.

Maka tak heran kini vendor smartphone juga menjadikan kapasitas baterai yang besar menjadi fitur utama jualannya belakangan ini.

Beberapa fitur pendukung juga disematkan oleh vendor smartphone agar penggunaan daya menjadi semakin efisien.

Tetapi tentunya bukan hanya kapasitas baterai saja yang besar, diperlukan juga pengisian daya yang cepat untuk mengisi ulang daya yang terpakai mengingat pastinya akan dibutuhkan waktu yang lama untuk mengisi penuh kembali baterai yang terpakai tersebut.

Oleh karena itu keberadaan fitur fast charging ataupun quick charge sangat dibutuhkan untuk smartphone yang memiliki kapasitas besar.

Di kategori Best Durable smartphone ini redaksi Selular memilih beberapa smartphone berikut untuk bertarung menjadi yang terbaik:

  • Philips X818
  • Nokia2
  • Gionee M7 Power
  • Infinix Zero 5
  • Asus Zenfone Max Pro M1

Bagaimana para vendor menghadirkan kemampuan baterai pada smartphonenya, berikut ini ulasannya:

1Asus Zenfone Max Pro (M1)

Zenfone Max Pro M1 hadir dengan tiga versi dan didukung dengan Qualcomm Snapdragon 636.

Untuk versi pertama, Asus memboyong versi RAM sebesar 3GB dengan ROM 32GB. Sedangkan di sisi kamera, didukung kamera belakang ganda 13MP dan kamera depan sebesar 8MP.

Lalu ada juga Zenfone Max Pro M1 versi 4GB dengan ROM sebesar 64GB. Perangkat ini dibekali kemampuan kamera utama ganda 13MP dan kamera selfie sebesar 8MP.

Brief spec Zenfone Max Pro (M1)

Tanggal Rilis23 April
RAM/ROM3GB, 4GB, 6GB / 32 GB, 64GB, 64GB
ProsesorSnapdragon 636
OSAndroid 8.1 Oreo
Layar6,1 inci full HD+ (2.160 x 1.080 piksel, 18:9)
Kamera13MP + 5MP dan 8MP selfie
HargaRp 2.299.000/ Rp2.799.000/ Rp3.299.000
Fitur UtamaFace Unlock, Fingerprint
Baterai5.000 mAh

Kemudian Zenfone Max Pro M1 dengan RAM sebesar 6GB dengan ROM sebesar 64GB. Untuk versi ini, Asus membenamkan kamera utama ganda 16MP dan kamera selfie sebesar 16MP.

Ketiga versi Zenfone Max Pro M1 memiliki besaran baterai yang sama, yakni 5.000mAh. Dengan baterai ini, para pengguna bisa bermain game PUBG hingga 7 jam.

2Infinix Zero 5


Smartphone Infinix Zero 5 merupakan perangkat unggulan Infinix tapi dibanderol dengan harga menengah.

Smartphone didukung baterai kapasitas besar 4.350mAh yang cukup untuk tidak men-charge seharian.

Bahkan dengan penggunaan berat yang melibatkan game dan menonton video, baterai hampir bisa bertahan seharian.

Brief Spec Infinix Zero 5

Tanggal Rilis25 Januari 2018
RAM/ROM6GB/64GB
ProsesorHelio P25
OSAndroid 8.0 Oreo
Layar5,98 inci Full HD 18:9
Kamera12MP + 13MP belakang dan 16MP depan
HargaRp3.499.000
Fitur UtamaXOS 3.0, Fingerprint, XCharge
Baterai4.350 mAh

Dalam hal pengisian daya, Infinix mengatakan Zero 5 mendukung XCharge, yang dapat mempersingkat waktu pengisian.

Ada juga fitur yang disebut Freezer, yang pada dasarnya meng-idle-kan aplikasi yang tidak Anda gunakan cukup lama. Setelah dibekukan, aplikasi ini tidak memakai sumber daya telepon, dan kemudian bisa dicairkan kembali hanya dengan sekali tekan.

Dengan demikian daya yang terpakai bisa diatur dengan baik yang membuat samrtphone tidak lekas kehabisan daya.

Perangkat ini juga mampu menangani hampir semua hal yang diperintahkan. Untuk penggunaan sehari-hari yang cukup padat (call, browsing, gaming, streaming, downloading, chatting, video call, dll) semua lancar.

3Nokia 2


Hadir dengan baterai berkapasitas 4100 mAh, Nokia 2 diklaim sanggup bertahan selama dua hari hanya dengan sekali pengisian.

Daya tahan baterai Nokia 2 ini berkat dukungan prosesor Snapdragon 212 besutan Qualcomm yang terkenal efisien dalam mengolah daya. Selain itu penggunaan teknologi LTPS TFT pada layar yang digunakan juga mampu menghemat 15 persen konsumsi daya.

Brief Spec Nokia 2

Tanggal Rilis11 Januari 2018
RAM/ROM1GB / 8GB
ProsesorSnapdragon 212
OSAndroid Nougat
Layar5 inci LTPS TFT
Kamera8MP dan 5MP selfie
HargaRp 1.499.000
Fitur UtamaLayar LTPS TFT dan Daya Tahan Baterai
Baterai4.100 mAh

Setiap komponen dari Nokia 2, dari layar hingga baterai, chipset hingga sistem desain, telah dirancang untuk sedikit mungkin mengkonsumsi daya dari baterainya yang besar. Ini memungkinkan pengguna mendapatkan ponsel tahan lama yang bisa diandalkan.

Nokia 2 memang dibuat agar penggunanya memiliki kebebasan untuk melakukan lebih banyak hal, tanpa harus mengurangi aktivitas keseharian mereka.

4Philips X818


Ponsel ini didukung kapasitas baterai besar dari Li-Polymer dengan teknologi Xenium berkapasitas daya 3900 mAh yang cukup bertenaga.

Teknologi Xenium yang digunakan pada samrtphone ini sangat terkenal akan daya tahannya sehingga mampu bertahan lebih lama dibanding ponsel lain yang sekelas

Baterai tersebut didukung dengan Quick charge serta mampu menghasilkan waktu siaga mencapai hingga 19 hari masa siaga sehingga sangat cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Brief Philips X818

Tanggal RilisJanuari 2018
RAM/ROM3GB / 32GB
ProsesorMediaTek MT6755
OSAndroid OS v6.0 Marshmallow
Layar5,5 inci + SoftBlue technology
Kamera16MP dan 8MP selfie
HargaRp3.500.000
Fitur UtamaSoftBlue technology
Baterai3.900 mAh

Mode hemat daya yang dapat pengguna aktifkan dengan menggeser tombol fisik yang berlokasi di ruas kanan paling atas. Aplikasi ini dapat melakukan penghematan konsumsi daya dari perangkat,

Philips juga melengkapi smartphone barunya ini dengan SoftBlue technology, yang berguna melindungi mata dari paparan radiasi cahaya.

Inovasi ini membuat sinar radiasi dari cahaya layar kedua smartphone ini lebih rendah bahayanya terhadap radiasi mata dibanding smartphone lainnya. Sehingga aman dipakai oleh para penggunanya.

5Gionee M7 Power


Sesuai namanya, smartphone milik Gionee ini menawarkan daya baterai yang sangat besar.

Smartphone ini mengusung baterai Li-Po 5.000mAh non-removable yang mampu bertahan selama dua hari dengan layar HD 6.0 inci fullview.

Untuk keperluan charge dan transfer data, Gionee M7 Power didukung port microUSB 2.0

Brief Spec Gionee M7 Power

Tanggal RilisJanuari 2018
RAM/ROM4GB / 64GB
ProsesorSnapdragon 435
OSAndroid 7.1
Layar6 inci
Kamera13MP Utama (Belakang) dan 8MP selfie
HargaRp3.999.000
Fitur UtamaKeamanan transaksi online
Baterai5.000 mAh

M7 Power diperuntukkan bagi kalangan profesional yang mementingkan daya tahan smartphone dan keamanan saat transaksi online.

Selular Editor’s Choice 2018: Best Durable Smartphone

Asus Zenfone Max Pro M1

Lewat Zenfone Max Pro M1 Asus mampu membuktikan kepada rival terdekatnya, Xiaomi, bahwa vendor smartphone asal Taiwan ini mampu menghadirkan perangkat dengan spesifikasi mumpuni tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Asus bahkan sempat kesulitan dalam memenuhi ketersediaan perangkat mengingat banyaknya permintaan terhadap Zenfone Max Pro M1