Monday, May 20, 2019
Home Tips Cara Mudah Backup File Musik ke Komputer

Cara Mudah Backup File Musik ke Komputer

-

Jakarta, Selular.ID – Sebelum membeli smartphone baru, ada baiknya Anda backup semua data di smartphone Android Anda telebih dahulu pada komputer atau cloud storage.

Selain foto, video, contact, dan data lain, musik juga menjadi file penting yang harus di backup. Kini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk back up file musik salah satunya dengan aplikasi.

Untuk backup file musik dari smartphone Android ke online storage, Anda dapat menggunakan Google Drive dan Dropbox. Sementara untuk backup file dari smartphone Android ke PC, bisa menggunakan aplikasi atau langsung melalui USB.

Berikut cara backup file musik dari smartphone Android ke PC atau online storage.

  1. Google Drive

Dengan Google Drive, Anda dapat membackup sekitar 4.000 file musik dengan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB yang disediakan secara gratis. Layanan cloud storage Google Drive menyediakan secara gratis kapasitas penyimpanan sebesar 15GB.

Menariknya, Anda bisa langsung mendengarkan file musik yang Anda upload di Google Drive atau bisa Anda download untuk mendengarkan secara offline. Anda juga bisa berbagai file musik atau apapun melalui link.

Jika Anda belum memiliki aplikasi Google Drive di smartphone Android Anda, maka Anda bisa download secara gratis di Google Play Store.

  • Setelah download Google Drive, lalu Anda bisa masuk menggunakan akun Gmail dan password.
  • Selanjutnya tekan tanda “+” untuk upload file atau folder.
  • Untuk upload file musik pilih Audio, lalu Anda bisa upload file musik hingga 15GB.
  • Untuk akses Google Drive di komputer, Anda cukup mengunjungi dan mendaftar di drive.google.com.
  1. Dropbox

Seperti Google Drive, Dropbox juga menyediakan layanan cloud storage secara gratis, namun tak begitu banyak, hanya 2GB.

Jika kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan lebih banyak, maka Anda bisa upload beberapa file musik lalu download ke komputer dan upload lebih banyak lagi ke folder Dropbox.

Untuk menikmati layanan Dropbox, Anda harus register dulu di Dropbox.com menggunakan akun email Anda. Jika sudah register, Anda dapat langsung login di Dropbox menggunakan akun tersebut.

  • Setelah selesai register, lalu pilih Free Download untuk install Dropbox di komputer.
  • Kemudian install dan setting Dropbox di smartphone Android. Jika belum ada Dropbox di smartphone Android Anda, maka Anda bisa download aplikasi Dropbox di Google Play Store.
  • Setelah install Dropbox, login menggunakan email dan password.
  • Selanjutnya tekan tanda “+” untuk upload file atau membuat folder baru.
  • Untuk menambahkan musik pada folder Dropbox cukup pilih Audio dari daftar yang muncul.
  • Setelah file musik tersimpan di layanan cloud storage Dropbox, Anda bisa akses dengan perangkat apa saja yang tentunya memiliki layanan Dropbox.

3. Aplikasi Android File Transfer untuk aplikasi komputer Mac OS

  • Untuk transfer file musk dari smartphone Android ke komputer Mac bisa menggunakan aplikasi Android File Transfer.
  • Download aplikasi Android File Transfer, lalu aplikasi akan terbuka sendiri saat smartphone Android dihubungkan ke Mac via USB.
  • Cukup tekan Allow, lalu Anda bisa akses semua file yang ada di smartphone Android dan transfer file yang Anda inginkan ke Mac OS.

Cara backup file musik dari smartphone Android ke PC Windows

Cara back up file musik dari smartphone Android ke komputer berbasis Windows 7 atau Windows setelahnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghubungkan smartphone Android via port USB dan transfer file yang diinginkan, tanpa perlu download aplikasi.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest