Sunday, October 20, 2019
Home News Feature Vendor Smartphone Angkat Bendera Putih: Siapa Lagi Setelah Coolpad?

Vendor Smartphone Angkat Bendera Putih: Siapa Lagi Setelah Coolpad?

-

Jakarta, Selular.ID – Pada akhir Maret lalu, pasar smartphone Indonesia bertambah sesak dengan hadirnya pemain baru asal China. Dia adalah Honor, sub brand Huawei yang khusus menyasar kalangan milenial. Tak tanggung-tanggung, menandai debutnya di Tanai Air, Honor merilis tiga smartphone sekaligus. Ketiganya adalah Honor 9 Lite, Honor 7X dan Honor View10.

Sayangnya ditengah agresifitas pemain baru seperti yang ditujukan oleh Honor itu, di bulan yang sama, cerita berbeda justru datang dari Coolpad. Brand yang pertama kali hadir pada Juni 2015, malah dikabarkan hengkang dari Tanah Air.

Dari informasi yang didapat Selular, vendor smartphone asal Tiongkok itu sudah tidak lagi memproduksi smartphonenya.

(Baca juga: Pasar Smartphone Indonesia Kembali Memakan Korban

Sejauh ini memang belum ada keterangan resmi pihak manajemen Coolpad terkait dengan keputusan mereka yang tak lagi berbisnis di Indonesia.

Namun seperti brand-brand lain seperti HTC, Sony atau OnePlus yang juga sudah mundur lebih dulu dari Indonesia, kemungkinan tak ada ketegasan demi menjaga reputasi brand.

Berbeda dengan HTC atau Sony yang sempat menjadi meraih popularitas di Indonesia, Coolpad masih terbilang sebagai brand medioker. Bisa jadi karena mereka masih menjajaki pasar Indonesia.

Menilik performanya, Coolpad sejatinya merupakan vendor yang patut diperhitungkan, terbukti dengan keseriusan memasarkan smartphone mereka ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Coolpad diklaim memang memiliki kualitas yang sangat baik. Meski harga smartphone besutan Coolpad dibandrol terjangkau, namun kualitasnya dapat disejajarkan dengan produk dari brand terkemuka lainnya.

Seperti vendor China lainnya, Coolpad juga menelurkan banyak smartphone untuk berbagai segmen. Mulai dari kelas bawah hingga menengah ke atas yang memiliki spesifikasi tinggi.

Sejak kehadirannya di Indonesia, beberapa smartphone Coolpad telah dipasarkan dengan harga yang cukup bersaing. Varian yang cukup populer adalah Coolpad Cool Dual, Coolpad Fancy, Coolpad Roar, Coolpad Shine dan Coolpad Sky.

Seri Cool Dual yang diperkenalkan pada April 2017, merupakan varian yang cukup menghentak di pasar Tanah Air. Ponsel ini menawarkan dual kamera berkelas, namun dibandrol dengan harga yang terbilang terjangkau, yakni hanya Rp3,2 juta saja.

Dalam satu kesempatan, CEO Coolpad Indonesia Jeeves Jiang mengatakan bahwa berbagai produk besutan Coolpad, termasuk seri flagship, Coolpad Cool Dual diharapkan bisa mendongkrak penjualan smartphone mereka di pasaran Indonesia hingga mencapai 1 juta unit pada 2017.

Jiang mengatakan angka 1 juta unit itu mewakili pangsa pasar 2 persen dari keseluruhan volume pasar smartphone Indonesia pada 2017 yang diprediksi sebesar 50 juta unit.

Demi mengejar penjualan sebesar itu, Coolpad berani menggelontorkan dana promosi yang cukup besar. Coolpad mendaulat penyanyi sekaligus artis muda berbakat Maudi Ayunda, sebagai brand ambassador. Hal itu dibarengi dengan penayangan iklan Cool Dual yang cukup massif di sejumlah stasiun TV swasta, terutama saat tayangan ramadhan tahun lalu.

Jika berbicara teknologi dual kamera yang diusung Cool Dual, smartphone ini memang layak diperhitungkan. Setidaknya ada empat keunggulan dari teknologi dual kamera milik Cool Dual.

Teknologi pertama tentu saja fasilitas wide angle, yang akan sangat berguna jika kita ingin menghasilkan foto travelling. Kedua adalah fasilitas tele, untuk mengambil gambar objek yang jauh.

Ketiga, Cool Dual diklaim memiliki kemampuan efek bokeh yang natural. Keempat adalah dibenamkannya, teknologi monokrom yang mampu menghasilkan foto hitam putih nan mumpuni.

Keempat, Cool Dual sudah dipersenjatai dengan kamera ganda berukuran masing-masing 13MP. Coolpad juga menyematkan lensa warna (RGB) untuk membantu menangkap warna dan lensa monokromnya untuk menghasilkan detil yang lebih sempurna.

Dengan fitur-fitur mumpuni dan harga yang ramah di kantung konsumen, tak salah jika Cool Dual, berhasil meraih salah satu penghargaan Selular Award 2017. Dalam ajang tahunan bergengsi itu, Coolpad Cool Dual, mendapat predikat Most Valuable Smartphone.

Sayang, kehadiran Coolpad bisa dibilang hanya seumur jagung di Indonesia. Hal itu menunjukkan, kualitas produk saja ternyata tidak cukup untuk mengatrol penjualan di tengah kerasnya persaingan antar vendor smartphone. Diperlukan strategi maketing dan PR yang mumpuni, dan tentu saja nafas kuda, sebelum benar-benar bisa mencetak keuntungan.

Strategi ini pula yang tengah ditempuh oleh dua pemain challenger, Vivo dan Oppo. Mereka bertekad untuk menggusur Samsung dari posisi puncak. Meski harus mengeluarkan dana promosi yang sangat besar.

Latest