Thursday, October 22, 2020
Home Tips Smartphone Cepat Panas, Atasi Dengan Cara Ini

Smartphone Cepat Panas, Atasi Dengan Cara Ini

-

Jakarta, Selular.ID – Overheat atau panas berlebih memang menjadi masalah yang sering dialami oleh smartphone. Ada beberapa faktor penyebab overheat ini seperti penggunan smartphone seharian, baterai berkualitas buruk, menggunakan casing yang terlalu tebal dan hal lainnya.

Meskipun ini menjadi hal yang wajar, namun jika overheat ini terus dibiarkan, maka akan memicu ledakan pada smartphone Anda. Seperti beberapa tahun terakhir terjadi banyak kasus smartphone yang meledak. Salah satu faktor pemicunya adalah overheat.

Memang produsen smartphone sudah mengantisipasi overheat tersebut agar tidak terjadi ledakan pada produk besutan mereka. Beragam cara dilakukan produsen smartphone untuk mencegah hal buruk tersebut seperti meningkatkan kualitas dari smartphone itu sendiri dan menghadrikan sistem pendingin. Namun, Anda harus memiliki cara sendiri untuk mengantisipasi panas berlebih yang dapat memicu ledakan pada smartphone Anda.

Berikut tips yang dapat membantu Anda mencegah overheat dan terjadinya ledakan pada smartphone Anda.

  1. Install Aplikasi seperlunya

Smartphone dirancang untuk kebutuhan mobilitas tinggi dan kinerja yang sifatnya multitasking atau penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan. Tidak heran jika saat ini banyak smartphone didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, seperti memori RAM yang tinggi. Namun, hal tersebut bukan berarti membuat smartphone bisa melakukan multitasking secara terus-menerus.

Penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat smartphone cepat panas. Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi smartphone terbakar atau meledak akan sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak menyebabkan smartphone sering hang.

  1. Gunakan Baterai Original

Kualitas baterai yang buruk menjadi salah satu penyebab overheat, bahkan memicu ledakan smartphone. Hal tersebut perlu diperhatikan, karena biasanya pengguna smartphone tidak memperhatikan kualitas dan originalitas baterai. Biasanya baterai dengan kualitas buruk tidak bertahan lama, sering panas dan cepat rusak. Saat baterai smartphone rusak, sebaiknya Anda ganti dengan baterai original yang memiliki kualitas lebih baik.

  1. Charger smartphone secukupnya

Jika baterai smartphone Anda sudah terisi penuh, sebaiknya segera hentikan proses charging.  Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger secara terus menerus ternyata tidak aman. Hal ini juga dapat menyebabkan baterai smartphone cepat panas atau overheat.

Meskipun beberapa charger dapat memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100 persen, namun membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen terisi juga tidak baik. Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali justru lebih baik, daripada baterai dibiarkan dalam kondisi nol persen atau 100 persen secara terus-menerus.

  1. Nonaktifkan smartphone ketika di-charge

Dalam melakukan proses charging, sebaiknya Anda tidak mengunakan smartphone untuk beraktifitas. Aktivitas seperti menelepon dan berinternet pun sebaiknya dihindari ketika smartphone sedang di-charge. Hal ini juga dapat mengakibatkan baterai smartphone cepat panas sehingga dapat menyebabkan  terjadinya ledakan.

  1. Lepas cover pelindung

Sebaiknya, Anda jangan menutupi smartphone Anda dengan casing pelindung yang terlalu tebal. Penggunaan casing yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi smartphone dari goresan. Namun, casing yang tebal tersebut dapat menutup udara sehingga smartphone menjadi cepat panas.

  1. Biarkan lubang charger terbuka

Sebaiknya port charger pada smartphone Anda tidak dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan agar smartphone tidak mengalami panas yang berlebih atau overheating.

  1. Simpan di tempat yang memiliki ventilasi udara baik

Baca juga: Mengatasi Android Panas Saat Main Game

Simpanlah smartphone di tempat-tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik. Hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas smartphone itu sendiri. Usahakan juga jangan menyimpan smartphone di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatkan panas.

Latest