Jakarta, Selular.ID – Per 1 Juni 2018, konsumen tanah air sudah bisa menemukan OPPO F7 Youth di pusat-pusat perbelanjaan smartphone di Indonesia. OPPO F7 Youth merupakan versi terjangkau dari flagship yang melenggang satu bulan sebelumnya, OPPO F7.

Flagship OPPO F7 ditawarkan dengan harga resmi Rp4.199.000 sementara OPPO F7 Youth dijual lebih murah, yakni Rp3.799.000. Kendati terpaut selisih Rp400.000 lebih murah, ternyata OPPO F7 Youth tetap mengusung fitur unggulan yang ada di flagship perusahaan.

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai perbedaan OPPO F7 dan F7 Youth, berikut ulasan Selular.ID mengenai 12 fitur unggulan OPPO F7 yang menular ke OPPO F7 Youth:

1Chipset

Komponen utama yang bertanggung jawab pada kinerja perangkat, tetap dipertahankan. OPPO F7 Youth mengusung prosesor yang sama dengan F7, yaitu Helio P60 dengan prosesor dual AI, dan dilengkapi dengan sistem operasi terbaru, yaitu ColorOS 5.0.

Ketika berbicara performa, tiga masalah utama yang sering dikeluhkan oleh anak muda adalah sistem yang sering berhenti mendadak, konsumsi daya perangkat yang buruk, dan memori yang cepat habis. Nah, OPPO F7 Youth hadir sebagai jawaban atas ketiga permasalahan tersebut dengan Helio P60.

2RAM & Storage

Selain chipset, OPPO juga melengkapi F7 Youth dengan RAM dengan besaran sama dengan F7, yaitu 4GB. Begitu pula dari sisi penyimpanan, F7 Youth dilengkapi dengan memori penyimpanan internal sebesar 64GB yang dapat diperluas dengan micro SD hingga 256GB.

Perlu ditekankan, slot micro SD pada F7 Youth berdiri sendiri. Sehingga pengguna bisa tetap menggunakan dua SIM card dan memori eksternal bersamaan.

BACA JUGA:
2019, Oppo Investasikan Rp21 Trilyun Untuk R&D

3AI Beauty 2.0

OPPO sangat mengerti kebutuhan anak muda untuk mengekspresikan diri mereka melalui media sosial. Karena itu, OPPO membawa teknologi AI Beauty 2.0 yang dipopulerkan oleh perangkat F7 ke F7 Youth. Teknologi ini akan membantu memenuhi keinginan konsumen untuk tampil lebih natural berkat kemampuannya dalam memindai 296 titik wajah; membagi wajah dalam foto menjadi beberapa zona untuk efek beautification yang lebih spesifik.

AI Beauty 2.0 juga dapat menganalisis wajah berdasarkan usia, jenis kelamin, jenis kulit, dan wana kulit dari subjek selfie untuk memberikan efek beautification yang berbeda-beda; sesuai dengan penggunanya. Selain itu, teknologi ini dapat mempelajari kebiasaan pengeditan foto yang dilakukan oleh pengguna, sehingga akan menerapkan penyesuaian yang sama pada setiap pengeditan.

4APU

Teknologi pemrosesan 12nm yang pertama kali di dunia membawakan pengalaman pengoperasian yang menakjubkan tanpa menguras baterai. Teknologi NeuroPilot AI membawa 2 APU (AI Processing Unit) beraksi seperti otak pada smartphone, membantu mempelajari dan bertindak secara insting. setiap tugas ditenagai oleh Octa-core dan Dual-AI-core processor pada F7 Youth yang bekerja hingga puncak efisiensi.

5AI Scene Recognition

AI-powered scene recognition camera secara cerdas mengenali 16 pemandangan dan objek berbeda saat mengambil gambar real-time, dan secara otomatis menemukan keseimbangan kecerahan cahaya yang sempurna, eksposur, warna, dan kontras di setiap gambar yang diambil, seperti saat momen matahari terbit yang spektakuler.

6AR Sticker

Fitur menarik lainnya adalah kehadiran AR Sticker. Kini, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan fitur sticker yang dapat digunakan pada kamera depan dan belakang F7 Youth, baik saat mengambil foto ataupun merekam video. AR Sticker akan menawarkan pengalaman fotografi yang menyenangkan untuk para konsumen anak muda OPPO.

BACA JUGA:
Review Oppo A7: Layar Luas, Minim Poni

7Vivid Mode

Selain efek Bokeh, OPPO F7 Youth juga mendukung Vivid Mode. Dengan algoritma fotografi yang cerdas untuk kedalaman warna gambar, F7 Youth bisa menghasilkan efek natural depth-of-field profesional untuk hasil potret yang sempurna. Pada Vivid Mode, wajah pengguna akan terlihat cantik natural dengan saturasi warna yang ditingkatkan pada outfit dan latar belakang yang blur.

8Layar Full HD+

Kehadiran layar Full Screen merupakan jawaban OPPO atas kebutuhan para pengguna muda, terutama mereka yang gemar bermain game. Hadir dengan fitur Full Screen Multitasking, pengguna dapat membalas chat atau menjawab panggilan telepon sambil terus memainkan game kesukaan mereka.

Tidak hanya itu, layar Full HD+ 6.0 inci pada F7 Youth memiliki screen to body ratio sebesar 84.8% yang terbaik di kelasnya dan bezel tipis hingga 1.98mm, F7 Youth memberi pandangan yang lebih luas 12.5% dan ringan saat digenggam. Sehingga sangat nyaman unuk menonton konten video atau melihat area permainan pada game.

9Navigation Gesture

Menemani layar besarnya, F7 Youth dibekali dengan beragam navigasi akses cepat yang ditingkatkan. Swipe, flick, drag, dan tap, akan sangat membantu pengguna F7 Youth agar mengakse lebih cepat. Dengan gestur-gestur sederhana ini, pengguna bisa merasakan pengalaman layar penuh yang tak terkalahkan.

Selain itu, untuk aplikasi yang tidak mendukung tampilan layar penuh, pengguna bisa mengaktifkan “Full-screen Display” yang secara otomatis akan menampilkan konten dalam layar penuh.

BACA JUGA:
Usung Tiga Kamera, Oppo R17 Pro Edar di Indonesia 4 Januari

10Unique Design + Diamond

Anak muda saat ini merupakan kalangan yang sangat aktif dan kreatif, namun saat ini pasar smartphone menawarkan perangkat yang selalu sama, dengan desain body metal dan warna yang kurang ekspresif. Diawali dengan OPPO F7 dan dilanjutkan dengan OPPO F7 Youth, OPPO memilih untuk keluar dari desain smartphone yang monoton dengan membawa efek pola potongan berlian dalam bentuk tiga dimensi – menawarkan tampilan berbeda dan sesuai dengan kepribadian anak muda yang ekspresif.

11Face Unlock

OPPO F7 Youth tidak memiliki fingerprint sensor, tapi ada Face Unlock. Berkat teknologi AI Recognition berbasis 128 titik pengenalan, F7 Youth mengenali pengguna untuk mengidentifikasi wajah unik tiap penggunanya. Yang dibutuhkan hanya mengangkat ke atas dan melihat sekilas pada layar untuk membukanya secara aman dan sangat cepat. Face recognition juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjaga privasi pengguna.

12Battery Management

Dengan kehadiran baterai sebesar 3.410 mAh, F7 Youth dapat bertahan lebih dari 15 jam dalam penggunaan normal. Spesifikasi ini sangat sesuai dengan kebutuhan anak muda yang aktif.

Selain itu, F7 Youth menghadirkan sistem manajeman daya yang cerdas untuk mencegah penggunaan daya berlebihan. Dengan mempelajari dan memahami pola penggunaan dan kebiasaan pengguna setiap waktu, sistem mengenali aplikasi yang tidur atau menutup yang tidak aktif untuk menyimpan daya. Perangkat tahan hingga 15 jam berdasarkan beragam penggunaan standar.

OPPO F7 Youth sudah dijajakan di pusat-pusat pembelanjaan di seluruh Indonesia dengan harga resmi Rp3.799.000.