Wednesday, September 18, 2019
Home News Tuntaskan Kasus Pembobolan Data, Facebook Temui Kominfo Pekan Depan

Tuntaskan Kasus Pembobolan Data, Facebook Temui Kominfo Pekan Depan

-

Jakarta, Selular.ID – Kasus kebobolan data Facebook memang belum memiliki titik terang hingga saat ini. Jutaan data pengguna Facebook di seluruh dunia telah dicuri oleh aplikasi pihak ketiga Cambridge Analytica dan AggregateIQ. Bahkan diperkirakan jutaan data pengguna Facebook kembali akan dibobol.

Kasus ini tentunya mendapat perhatian serius dari seluruh pemerintah negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Kominfo telah berkomunikasi dengan Facebook melalui surat menyurat.

Baru – baru ini Kominfo telah melayangkan surat peringatan kedua kepada Facebook akibat kasus tersebut. Facebook global pun telah merespon surat tersebut yang isinya telah memutuskan hubungan kerjasamanya dengan Cambridge Analytica dan AggregateIQ.

Bahkan Facebook berjanji akan datang ke Indonesia untuk menyelesaikan kasus ini. Ini dibenarkan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Samuel Abrijani, Pangerapan.

“Minggu depan, Senin tepatnya, pihak Facebook global akan langsung menemui Rudiantara, Menkominfo untuk menyelesaikan kasus pembobolan data tersebut. Selama ini hanya surat menyurat saja kommunikasinya. Kalau datang langsung kan lebih jelas bisa diceritakan kondisinya saat ini,” jelas pria yang akrab disapa Semmy saat ditemui Selular.ID di kantor Kominfo, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Semmy mengatakan bahwa kemungkinan besar yang datang adalah Vice President and Privacy Officer Facebook yakni Erin Egan. Menurutnya, kunjungan petinggi Facebook ini untuk membahas masalah proses audit yang tengah dijalani jejaring sosial tersebut.

Hingga saat ini Semmy belum mengetahui proses audit yang dilakukan Facebook sudah sejauh mana hingga saat ini.

Hasil audit ini nantinya memungkinkan pemerintah mengetahui kebocoran data pengguna Indonesia dan penggunaan data tersebut. Di Indonesia sendiri, tercatat sudah 1 juta pengguna Facebook yang telah dicuri datanya.

“Agenda dan topik pembahasannya, kami belum mengetahui. Yang jelas mencari solusinya bersama,” tandas Semmy.

Baca juga: Facebook Beri Respon Teguran Pemerintah

Lantas, apa yang akan dibahas pada pertemuan tersebut ? Semoga saja kasus kebobolan data ini cepat selesai dan tidak terulang lagi di kemudian hari.

Latest