Beranda News Trafik Data Tri Melonjak 300 Persen

Trafik Data Tri Melonjak 300 Persen

-

Jakarta, Selular.ID – Memasuki bulan Ramadhan, traffic penggunaan layanan data operator biasanya mengalami pergeseran waktu keramaian dan terjadi lonjakan penggunaan.

Di jaringan milik Hutchinson Tri Indonesia, seperti disampaikan Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia, layanan data banyak digunakan pada waktu makan sahur.

“Trafik data kami mengalami peningkatan 300 persen pada jam sahur, sedangkan di jam-jam di luar itu peningkatan ang terjadi sebesar 15 persen,” ungkap Dolly di Jakarta, (22/5/2018).

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gustiansyah Wilson VP Strategic Network Planning and Customer Experience Management Tri menambahkan, saat ini Tri sedang mempersiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi, khususnya pada layanan data.

“Core network system yang tersebar ini memudahkan Tri melakukan pengaturan kapasitas sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dalam mengakses internet dengan lancar bahkan di saat trafik padat,” kata Gusti.

Selain itu, Tri juga menggelar penambahan kapasitas jaringan di 5300 BTS yang terdiri atas 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz. Total BTS Tri saat ini 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE .

Jaringan yang sudah ada juga akan dioptimalkan, dipusatkan pada sepanjang 2.600 km jalur mudik utamanya jalur Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Yogyakarta, Jalur Pantura dan Selatan.

Baca juga: H3I Punya 30 Juta Pelanggan Prabayar yang Teregistrasi

Peningkatan kualitas juga dilakukan dengan penempatan mobile BTS di Jawa dan Sumatera, disebar untuk menjangkau jalan utama, jalan tol termasuk jalan tol baru. Fokus optimalisasi layanan juga dilakukan di POI (points of interest) yang terdiri atas pelabuhan laut, udara, terminal bis, stasiun kereta, rest area , daerah wisata dan pusat keramaian lainnya.

Artikel Terbaru