Tuesday, October 20, 2020
Home Tips Pertolongan Pertama Saat Ponsel Tercebur Air

Pertolongan Pertama Saat Ponsel Tercebur Air

-

Jakarta,Selular.ID – Air bagaikan musuh bagi barang elektronik, terutama smartphone. Tidak seperti ponsel jaman dulu yang notabanenya “tahan banting”, ponsel jaman now sepertinya sangat rentan, apalagi terhadap serangan air.

Beda ceritanya jika kalian menggunakan LG G6 atau Samsung Galaxy S8 yang memang sudah memiliki sertifikasi tahan air, bahkan bisa diajak menyelam.

Berbicara mengenai sertifikasi tahan air, sepertinya belum banyak diadopsi oleh vendor ponsel. Hanya ada beberapa vendor seperti Sony, Samsung dan LG yang sudah mengimplementasikan ke smartphone mereka.

Jika dilihat dari segi kebutuhan, konsumen ponsel di Indonesia sepertinya belum terlalu membutuhkan ponsel yang memiliki fitur tahan air.  Konsumen biasanya mencari ponsel yang memiliki kamera bagus, seperti yang ditawarkan Oppo F7.

Pertolongan Pertama Saat Hp Tercebur Air

Salah satu yang harus kalian lakukan ketika ponsel tercebur kedalam air  adalah jangan panik. Tetap tenang, ambil ponsel tersebut dari dalam air, kemudian matikan. Jika sudah mati sendiri, jangan mencoba untuk menghidupkan kembali, walaupun hanya untuk memastikan ponsel tersebut masih hidup.

Mengapa jika ponsel yang sudah terendam air tidak boleh dihidupkan? Karena komponen didalam ponsel memilki aliran listrik dari betarai, listrik sendiri sangat tidak bersahabat dengan air. Jika dibiarkan hidup, maka akan merusak komponen lainnya.

Kedua, jangan menekan tombol apapun selain tombol power – hanya untuk mematikan ponsel. Kenapa? karena dapat mendorong air masuk lebih dalam lagi kedalam ponsel. Selain itu jangan juga ditiup, hal ini juga akan menyebabkan air masuk lebih dalam ke ponsel.

Ketiga, buka semua penutup seperti pelindung mulai dari jely case, tutup casing belakang. Keluarkan juga sim-card dan kartu memori eksternal, jika memungkinkan cabut beterai. Jika kalian memiliki pengalaman, silahkan buka semua bagian ponsel tersebut agar air dapat mengering lebih cepat.

Berhati-hatilah, jika kalian tidak tahu apa yang sedang dilakukan, ini dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Baca: Ini Jenis Sertifikasi Tahan Air yang Harus Kamu Ketahui

Keempat, gunakan pengering seperti hair dryer atau vacum cleaner. Hal ini dapat mempercepat pengeringan. Jika kalian tidak memiliki alat tersebut, diamkan ponsel 2-3 hari dengan keadaan terbuka dan letakan ditempat kering.

Nah, itulah beberapa point yang harus kalian perhatikan untuk mengatasi ponsel yang tercebur air. Simak juga tutorial seputar ponsel melalui link berikut.

Latest