Friday, May 24, 2019
Home News Telco Menjajal Jaringan Indosat Ooredoo di Jalur Mudik

Menjajal Jaringan Indosat Ooredoo di Jalur Mudik

-

Semarang, Selular.ID – Memasuki bulan Ramadhan, rutinitas mudik dan perayaan Lebaran di kampung halaman menjadi agenda tahunan mayoritas warga perkotaan. Di masa-masa tersebut, layanan telekomunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting.

Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan masyarakat berkomunikasi, Indosat Ooredoo menggelar uji jaringan. Hari ini, operator nasional itu menggelar kegiatan network drive test yang dilakukan di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yaitu jalur Semarang-Demak-Kudus.

Selular turut ikut dalam uji jaringan Indosat Ooredoo kali ini. Bagaimana hasilnya?

Berbekal smartphone 4G Huawei Nova 2i dengan kartu 4G IM3 Ooredoo, dan memanfaatkan aplikasi nPerf, berikut hasil uji jaringan oleh Selular.ID di lima titik utama.

Pengujian Selular.ID dilakukan dengan mencoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Secara keseluruhan, dalam uji jaringan hari ini, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus.

1. Bandara Ahmad Yani, pukul 07.00 wib
Unduh 42.82 Mbps
Unggah 33.15 Mbps

2. Jalan Raya Kudus, pukul 08.00 wib
Unduh 9.98 Mbps
Unggah 1.61 Mbps

3. Alun-alun Demak, pukul 09.00 wib
Unduh 12.40 Mbps
Unggah 25.95 Mbps

4. Museum Kretek Kudus, pukul 10.00 wib
Unduh 64.14 Mbps
Unggah 32.00 Mbps

5. Kantor Indosat, Jalan Pandanaran, pukul 14.00 wib
Unduh 28.60 Mbps
Unggah 32.41 Mbps

Hasil uji jaringan Selular.ID di atas tidak jauh berbeda dengan hasil tim Indosat Ooredoo. Yusuf Setiawan, Division Head NSAS Optimization, Indosat Ooredoo, mengatakan, dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39.74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download 8.09 Mbps.

Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan download hingga 107.70 Mbps (Simpang Lima Semarang), 86.98 Mbps (Masjid Agung Demak), 97.17 Mbps (Museum Kretek Kudus).

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 96,83% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5).

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. 

Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest