Jakarta, Selular.ID – Untuk membantu pedagang mikro dan kecil yang belum bisa mendapat akses ke pasar online yang sangat besar di bulan Ramadhan ini, Kominfo bersama para Marketplace dan Kementrian Koperasi dan UMKM menginisiasi kegiatan Ramadhan Express untuk menjaring UMKM yang memproduksi barang yang banyak dibutuhkan masyarakat di bulan Ramadhan untuk berjualan online.

Sebagai bagian dari Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, untuk mengoptimalisasi upaya memfasilitasi UMKM mendapatkan pasar online, terutama di bulan ramadhan yang menjadi puncak tingkat konsumsi dan transaksi pemesanan/pembelian tertinggi dalam satu tahun di masyarakat Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membuka kesempatan bisnis bagi para UMKM untuk meraih berkah Ramadhan yang melimpah,” ungkap Lies Sutjiati, Staf Khusus Menteri Kominfo bidang PMO.

Kegiatan Ramadhan Express ini disampaikan Lies memiliki target meng’online’kan UMKM yang berada di 14 sentra bisnis yang menjual dan membuat berbagai hal yang paling banyak dicari atau digunakan di bulan Ramadhan yang mengakomodir sekira 18 ribu UMKM di 8 kota dalam rentang waktu 2 minggu (29 Mei 2018 – 12 Juni 2018).

“Tetapi tidak semua bisa dijual dalam program ini. Hanya 15 top kebutuhan yang paling dicari selama Ramadhan saja,” ungkapnya.

Ramadhan Express mengambil pendekatan ‘menjemput bola’ dimana tim akan mendatangi tempat para UMKM melakukan kegiatan usahanya.

Di setiap titik, kegiatan akan dimulai dengan acara berbagi pengalaman dari artis atau pengusaha yang bisnis UMKM nya sukses karena berjualan online.

Secara paralel, para sukarelawan akan melakukan ‘sweeping’ ke kios-kios untuk membantu para UMKM melakukan registrasi di market place dan mulai berjualan online.

Pelaksanaan kegiatan Ramadhan Express bekerja sama dengan Kementerian Koperasi & UMKM dan mengikutsertakan 6 market place besar di Indonesia (Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Blanja, Shopee, dan GrabFood).

Kegiatan ini juga melibatkan para relawan TIK yang merupakan pelajar SMK dan mahasiswa di 8 kota tempat kegiatan akan dilaksanakan dan partner media untuk komunikasi dan sosialisasi.