Jakarta, Selular.ID – Menurut IDC, pengiriman smartphone global mencapai 334,3 juta unit pada Q1 2018. Sedikit berbeda, laporan Strategy Analytics menyatakan 345 juta unit dikirim oleh vendor smartphone selama tiga bulan pertama tahun ini.

Smartphone Apple termahal iPhone X dinobatkan sebagai model terlaris di dunia, karena dikirim sebanyak 16 juta unit selama kuartal tersebut. Sementara di dunia Android, model entry-level Xiaomi Redmi 5A dan flagship Samsung Galaxy S9+ adalah ponsel Android terlaris.

Strategy Analytics mencatat ada enam model smartphone terpopuler teratas. Apple menyumbang empat dari enam smartphone paling populer di dunia tersebut.

BACA JUGA:
Apple Matikan Fitur Connect di Aplikasi Music

Kendati harganya selangit (di Indonesia Rp20,8 juta untuk varian penyimpanan 256GB), iPhone X adalah smartphone terlaris di dunia pada Q1. Ponsel ini meraih 5 persen pangsa pasar di seluruh dunia pada kuartal ini.

Apple sudah mengirimkan hampir 50 juta unit iPhone X di seluruh dunia sejak peluncuran komersial pada bulan November silam, sementara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dikirimkan sebanyak 12,5 juta dan 8,3 juta unit untuk menempati posisi kedua dan ketiga. iPhone 7, yang rilis September 2016, dikirim 5,6 juta unit untuk menempati posisi keempat.

BACA JUGA:
Apple Mulai Rakit iPhone Premium di India

Berbeda dengan iOS dimana model terlaris adalah varian termahal, di Android malah sebaliknya. Perangkat Android terlaris di Q1 2018 adalah entry-level Xiaomi Redmi 5A, yang diluncurkan dengan harga Rp999.000 di Indonesia. Namun harga tersebut sekarang naik ke angka Rp1.199.000.

Menurut Strategy Analytics, sebanyak 5,4 juta unit Redmi 5A terjual, menjadikannya model smartphone paling populer kelima. Model terjangkau Xiaomi itu memperoleh 2 persen pangsa pasar di seluruh dunia pada kuartal ini.

BACA JUGA:
Resmi, Apple Music Sambangi Tablet Android

Samsung Galaxy S9+ dikirim sebanyak 5,3 juta unit yang berada di posisi keenam, dan 2 persen pangsa pasar di seluruh dunia pada Q1 2018, menurut perhitungan Strategy Analytics.

Padahal Samsung Galaxy S9 dan S9+ baru memulai pengiriman menjelang akhir kuartal pertama, tetapi pengiriman berjalan sangat baik. Strategy Analytics memprediksi Galaxy S9+ menjadi smartphone Android terlaris secara global pada Q2 2018.