Bukalapak Giatkan Belajar Ngelapak di 20 Kota

Jakarta,Selular.ID – Bukalapak kembali mengadakan program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK). Salah satu  program Bukalapak ini  akan digelar di 20 kota.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, mengatakan BNBK yang dirancang dan dieksekusi oleh Komunitas Bukalapak di masing-masing kota ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu.

“BNBK bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut.,”tutur Fikri, dalam keterangan resminya.

Lebih jauh Fikri menuturkan, pendampingan juga akan diberikan untuk memastikan perkembangan bisnis dari para peserta.

Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK merupakan ruang yang diberikan oleh Bukalapak kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.

“Hari ini kami sudah memulai kegiatan BNBK di dua kota, yaitu Surabaya dan Pontianak. Kami melihat antusiasme dan semangat yang tinggi untuk menjadi pebisnis online dari para peserta yang terdiri dari masyarakat umum setempat baik yang sudah terjun menjadi pelaku UKM ataupun mereka yang baru ingin memulai berbisnis,”papar Fikri.

Menurut Fikri, selama dua hari pelatihan, para peserta akan diberikan materi dan bimbingan oleh para Ranger Komunitas Bukalapak di masing-masing kota.

Materi yang diberikan adalah pengenalan tentang Bukalapak sebagai online marketplace yang bisa membantu bisnis para peserta agar lebih maksimal.

Hingga cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak seperti teknik pengambilan foto produk, dan menulis deskripsi barang yang baik dan benar.

Tim dari beberapa divisi di Bukalapak turut serta memberikan wawasan kepada peserta seperti tentang customer service, business development, trust and safety, dan berbagai materi menarik lainnya.

Muhammad Fikri menambahkan bahwa rangkaian program BNBK ini mendapatkan dukungan dari mitra-mitra Bukalapak, yaitu JNE dan Bank BRI. Keduanya juga akan terlibat dalam memberikan materi kepada para peserta BNBK.

JNE sebagai mitra logistik akan memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak Bukalapak.

Sedangkan BRI akan memperkenalkan fitur Indonesia Mall yang ada di aplikasi Bukalapak untuk mempromosikan produk swakarya dari para pelaku UKM serta memberikan edukasi tentang literasi perbankan.

BNBK yang diadakan di 20 kota adalah, Surabaya, Pontianak, Bukittinggi, Banjarmasin, Sragen, Cirebon, Makassar, Palu, Blitar, Bekasi, Balikpapan, Kediri, Tasikmalaya, Yogyakarta, Lampung, Malang, Manado, Jayapura, Pekanbaru dan Medan.

Baca juga: Bukalapak Ajarkan Masyarakat Ngelapak Online

Pemilihan 20 kota tersebut didasarkan pada adanya potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah setempat.