Jakarta, Selular.ID – Awal Maret lalu Asus menghadirkan Zenfone Max Plus. Seperti pendahulunya di jajaran keluarga Max, smartphone Asus ini juga masih mengedepankan kekuatan dayanya.

Dinamakan Max Plus karena Asus menyematkan beberapa fitur yang bisa diandalkan pada smartphone ini.

Mengingat fitur utamanya adalah daya tahan baterai, maka ulasan pertama yang akan saya paparkan akan berkisar pada performa baterai.

Memiliki kapasitas baterai sebesar 4130mAh, smartphone ini cukup dapat diandalkan untuk melakukan aktivitas seharian penuh seperti browsing, chatting dan sosial media.

Kebetulan aktivitas yang banyak saya gunakan untuk menguji smartphone ini adalah melakukan editing dan update berita untuk dipublikasikan di selular.id. Selama 1,5 hari saya tidak perlu mengisi ulang daya baterai.

Berdasarkan pengukuran performa baterai yang dilakukan menggunakan aplikasi Geekbench, performa baterai Asus Zenfone Max Plus ini menunjukkan skor 1976 yang artinya berada pada level medium.

 

Pada kondisi baterai yang tersisa 18% smartphone ini mampu bertahan 12 jam stand by.

Kemampuan daya tahan ini dikarenakan baterai pada ZenFone Max juga dilengkapi ASUS PowerMaster, sebuah teknologi manajemen daya yang cerdas yang bekerja untuk mengoptimalkan masa aktif baterai.

Selain itu, ia juga berfungsi untuk menjaga performa baterai dan smartphone dalam jangka panjang, menyediakan kemampuan reverse charging dan lain-lain.

Dikombinasikan dengan 12 teknologi pengamanan termasuk temperature monitoring dan overvoltage protection, serta tersedianya setting maintenance otomatis untuk memastikan baterai berjalan optimal, ASUS ZenFone Max Plus M1 menyediakan masa pakai baterai lebih.

Baca Juga:  Hati-hati Membeli Smartphone Asus, Teliti Sebelum Memilih !

Durasinya bisa 2x lebih panjang dibanding masa pakai baterai smartphone lain sebelum mulai mengalami penurunan kapasitas maksimal.

Performa

Untuk mendukung kinerja smartphone secara keseluruhan, Asus melengkapi Zenfone Max Plus dengan chipset MediaTek MT6750T yang ditunjang dengan RAM sebesar 4GB dengan kapasitas penyimpanan seluas 64GB.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan menggunakan AnTuTu Benchmark, Asus Zenfone MAx Plus mendapat skor 55908

 

Sementara dengan pengukuran menggunakan Geekbench 4 skor yang didapat untuk smartphone Asus ini 420 untuk single core dan 2161 untuk multi core

 

Jika berdasarkan pengalaman pengguna, smartphone ini terbilang memiliki performa yang lumayan meskipun tidak terlalu baik terutama saat digunakan untuk bermain game yang berat seperti Asphalt 8. Meski demikian grafis yang ditawarkan cukup bisa dinikmati saat bermain game. Untuk pengolah grafis, Asus Zenfone Max Plus ini menggunakan Mali T860MP2

Design

Asus Zenfone MAx memiliki bentang layar 5,7 inci dan memiliki berat 157 gram. Untuk smartphone dengan baterai 4.130mAh, berat tersebut terbilang wajar dan rata-rata dikandung oleh smartphone sejenis.

Tombol power dan volume rocker di tempatkan sejajar pada sisi kanan smartphone sedangkan sisi sebelah kiri difungsikan untuk menempatkan slot kartu SIM dan juga Micro SD.

Baca Juga:  Asus Buktikan Zenfone Max Pro Lebih Murah dari Redmi Note 5

Penempatan kamera belakang pada perangkat ini cukup rapih dimana ring kamera tidak terlalu menonjol. LED Flash diletakkan berdampingan pada kamera belakang. Asus juga menempatkan fingerprint sensor pada bagian belankang smartphone.

Desainnya yang tipis dan dengan premium metallic finish, lengkap dengan 2.5D curved edge di bagian depan, membuat smartphone ini sangat nyaman digenggam.

Layar

Salah satu fitur plus yang ditawarkan Asus pada perangkat di jajaran keluarga Seri Max ini adalah layar penuh beresolusi HD+ dengan aspek rasio 18:9.

Meski mengusung layar penuh, smartphone terbaru Asus ini sangat ringkas, dengan ukuran layar 5,7 inci namun ukurannya serupa dengan smartphone 5,2 inci pada umumnya.

Zenfone Max Plus M1 menawarkan viewing area yang cukup luas sehingga pengguna bisa sangat nyaman ketika menlihat foto maupun mengakses web bahkan saat bermain game. Asus menyebut fiturnya ini sebagai Max Display.

Kamera

Fitur plus lainnya yang ditawarkan oleh Zenfone Max Plus ini ada pada sektor perekaman gambar.

Di kamera utama, Asus membekali perangkat ini dengan dual kamera berkonfigurasi 16MP + 8MP.

Kamera pertama memiliki diafragma f/2.0, dilengkapi phase detection auto-focus (PDAF) dan LED Flash. Satu kamera lagi yang bersensor 8 MP dengan lensa wide angle alias sudut pandang lebar 120 derajat.

Efek bokeh yang dihasilkan pada kamera utama ini cukup lumayan jika gambar diambil dengan jarak dan sudut yang tepat.

Baca Juga:  Tahun Baru Imlek, Asus Zenfone 3 Max Turun Harga
Foto hasil kamera belakang Zenfone Max Plus M1

Sedangkan untuk kamera depan untuk melakukan aktivitas selfi, Asus melengkapi Zenfone Max Plus dengan kamera yang juga berkapasitas 16MP dan bukaan f/2.0.

Kamera depan Zenfone Max Plus juga memiliki sudaut pandang yang cukup luas yakni 140 derajat sehingga memungkinkan untuk melakukan selfie panorama.

Fitur lain

Untuk urusan keamanan perangkat, Asus ZenFone Max Plus M1 memberikan pilihan yang cukup komplit.

Selain finger print, perangkat ini dilengkapi dengan face unlock. Fitur ini menyediakan alternatif cepat dan nyaman bagi pengguna untuk mengakses smartphone. Misalnya saat jari sedang basah, kotor atau sedang menggunakan sarung tangan sehingga sulit mengakses smartphone lewat sensor fingerprint.

Ketika perangkat dalam kondisi terkunci, pengguna juga bisa memillih pilihan notofikasi yang ingin dimunculkan dengan fitur face unlock ini.

Kelengkapan pengamanan perangkat yang ditaawarkan Asus Zenfone Max Plus ini disebut Asus sebagai Max Convenience.

Sensor finger print di perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai akses cepat ke kamera dengan mengetuk dua kali pada bagian sensornya.

Yang menarik, bagi pengguna di Indonesia yang banyak menggunakan sepeda motor sebagai kendaraannya, Asus menyediakan fitur Glove Mode.

Dengan fitur ini Asus memberikan sensitifitas lebih pada layarnya ketika pengguna mengakses smartphone masih menggunakan sarung tangan.

Tapi jangan lupa untuk menepi dahulu ya kalau ingin menggunakan smartphone saat berkendara.