Jakarta, Selular.ID – HMD Global, perusahaan yang menghidupkan kembali merek ponsel Nokia, sepertinya berhasil “memiliki” Mobile World Congress (MWC). Perusahaan asal Finlandia itu berhasil mencetak hampir dua lusin penghargaan selama pameran berlangsung 4 hari, lebih banyak dari MWC tahun lalu.
Meskipun menghadapi persaingan sengit dari Samsung, yang meluncurkan Galaxy S9 dan S9+ pada hari yang sama, HMD Global “melawan” dengan jajaran smartphone Android baru dan Nokia 8110 4G ikonik, yang disebut “ponsel pisang”.
Twitter at #MWC18 – This is what happened: the brands, the launches and the tech that got everyone talking.
— Twitter Marketing UK (@TwitterMktgUK) March 2, 2018
Menurut sebuah survei yang diterbitkan oleh Brandwatch dalam kemitraan dengan Twitter, Nokia adalah merek yang paling banyak disebutkan selama MWC 2018, melebihi raksasa seperti Samsung (2), Huawei (3), Google (4), dan Apple (5).
Selain itu, melalui Twitter, CPO HMD Juho Sarvikas memastikan perusahaannya menerima 21 penghargaan di MWC, sebuah rekor baru untuk pembuat handset Finlandia yang mempertimbangkannya tahun lalu hanya mendapat 17 saham.
This year our aim is to have even more people fall in love with #Nokia #Android smartphones. Last year here at #MWC we won 17 awards. Happy to report that this year we set a new record at 21! So proud of the team and very grateful for all of your support!!! Thank you! ?? pic.twitter.com/ZP1FichxI4
— Juho Sarvikas (@sarvikas) March 1, 2018
HMD memiliki jajaran Android yang cukup kuat tahun ini, namun bintang dari pertunjukan tersebut mungkin adalah Nokia 8110 4G, ponsel fitur yang akan segera tersedia untuk pembelian global dengan harga €80 (Rp1,3 juta).
Baca juga: Terpaut 12 Tahun, Sirocco Hadir Lagi Melalui Nokia 8
Strategi pemasaran perusahaan Finlandia yang memicu perasaan nostalgia para penggemar Nokia melalui perangkat ikonik sepertinya berhasil, setidaknya di jagat Twitter.
Kira-kira ponsel ikonik Nokia apa lagi yang akan dibawa HMD Global tahun depan?