Jakarta, Selular.ID – 27 Maret 2018 telah ditetapkan sebagai hari peluncuran smartphone perdana Honor untuk pasar Indonesia. Dengan demikian, pertarungan antara Honor dan Huawei yang notabene “bersaudara” ini akan dimulai.

Kepastian tersebut seiring beredarnya undangan Honor Indonesia Grand Launch yang diterima kalangan Media.

Seperti diketahui, Honor sebenarnya bukanlah merek baru. Merek ini sudah ada sejak 2014 lalu. Awalnya, Honor berada di bawah payung Huawei. Duet keduanya terbukti mampu mendominasi pasar China.

BACA JUGA:
Huawei Siap Penuhi Janji Bawa Mate 20 Series ke Indonesia

Berdasarkan data riset IDC, kiprah Honor di negara asalnya cukup menggembirakan. Honor menyumbang hampir separuh dari total 24% pangsa pasar yang dikuasai Huawei dan membuat mereka jadi nomor satu di China mengalahkan Xiaomi, Samsung, dan Apple.

“Hingga November 2017 lalu, pangsa pasar Honor di China sudah mencapai 11%. Smartphone kami laris diburu di internet, salah satunya ketika kami berhasil membukukan USD800 juta dalam satu hari pemesanan online,” ungkap James.

BACA JUGA:
Tak Tangung-Tanggung, Huawei Luncurkan 4 Smartphone Mate 20 Series

Sukses di dalam negeri, membuat Honor mulai ekspansi ke luar Tiongkok sejak tahun lalu. Pasar Eropa menjadi salah satu prioritas Huawei dalam memperkenalkan Huawei. Model kerjasama dengan operator (close market), membuat Honor dengan cepat dikenal luas di benua biru itu.

Tak tanggung-tanggung, agar bisa sukses, manajemen Huawei pun memilih untuk melepas Honor sebagai brand yang mandiri sejak awal 2018.

Karena sudah spin off, manajemen Honor yang dikomandani oleh James Yang di Indonesia tentu saja tak lagi terkait dengan Huawei.

BACA JUGA:
Wujudkan Transformasi Digital, Huawei Kerjasama dengan Telkomsel

Baca juga: Honor Awali Kehadirannya di Indonesia dengan 3 Smartphone

Dalam hal pemenuhan TKDN misalnya, Honor menggandeng pabrikan lokal Sat Nusapersada yang berbasis di Batam untuk menggenjot manufaktur konten lokalnya. Honor juga sudah bermitra dengan Icool International Indonesia sebagai distributor utama.

Di Indonesia Honor bukan hanya berhadapan dengan merek-merek lain yang sebelumnya sudah eksis di pasar, namun juga brand sekandung, Huawei.