spot_img
BerandaNewsFinTechNilai Transaksi Mobile Payment di China Tembus USD 12,77 Triliun

Nilai Transaksi Mobile Payment di China Tembus USD 12,77 Triliun

-

Jakarta, Selular.ID – Pembayaran mobile di China per Oktober 2017 mencapai 81 triliun Yuan atau USD12,77 triliun. Menurut kantor berita Xinhua, nilai tersebut tercatat 38 persen lebih tinggi dibandingkan 2016 yang mencapai 58,8 triliun yuan.

Mengutip data resmi pemerintah yang dirilis minggu ini, kantor berita tersebut mengatakan bahwa pertumbuhan yang terus berlanjut tersebut disebabkan oleh penyedia pembayaran mobile pihak ketiga yang menawarkan alternatif untuk transaksi berbasis bank dengan biaya lebih rendah.

China secara luas disebut sebagai pemimpin dunia dalam pembayaran mobile, dengan dua raksasa internet, Tencent dan Ant Financial Alipay yang mendominasi pasar.

Seiring pengaruhnya terus berkembang, pihak berwenang di negara tersebut telah membuat sejumlah perubahan untuk memperketat peraturan di pasar, termasuk pengenalan kliring sentral melalui pihak ketiga.

Bank-bank China juga telah meningkatkan tantangan mereka kepada para pemimpin pasar dalam beberapa bulan terakhir. Tercatat 30 bank mendaftar untuk menawarkan layanan pelanggan melalui aplikasi QuickPass dari UnionPay.

Transformasi China menjadi masyarakat tanpa uang adalah perkembangan yang bisa melepaskan energi potensial yang luar biasa dalam ekonomi China.

Baca juga: Mobile Payment Diprediksi Tumbuh Cepat Pada 2020

“Perusahaan-perusahaan seperti Alibaba dan Tencent menarik daerah pedesaan ke dalam pasar ekonomi global. Orang-orang China kini memiliki akses ke pasar modal melalui platform seperti Ant Financial dan penjualan global melalui Alibaba” kata kolumnis Asia Times David Goldman.

Menurutnya, saat ini China berada di tengah ledakan nilai melalui sebuah revolusi teknologi yang memobilisasi talenta populasi terbesar dan paling sulit di dunia.

“Ini adalah sesuatu yang belum pernah dilihat dunia, dan ini akan memukau kita semua”, ujar David dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg baru-baru ini.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru