Jakarta, Selular.ID – Brand Nokia dengan OS Android resmi edar di Indonesia pada September 2017. Empat bulan berselang, sudah ada empat smartphone yang diboyong HMD Global ke tanah air, yakni: Nokia 3, 5, 6, dan 2.

Februari ini, perusahaan yang bermarkas di Finlandia itu kembali memperkenalkan model terbaru, yang berada di kasta tertinggi: Nokia 8.

“Ditujukan untuk para kreator konten, Nokia 8 dibekali 3 keunggulan utama: Dual-sight camera, Zeiss optic, dan Ozo audio,” papar Mark Trundle, Country Manager, Indonesia dan ANZ, HMD Global, pada acara peluncuran Nokia 8 di Jakarta (13/2/2018).

Menyandang predikat smartphone Android Nokia di kelas tertinggi, sejumlah fitur handal ditanamkan ke Nokia 8. Setidaknya ada 8 fitur asik yang bisa Anda temui di perangkat terbaru ini.

1Zeiss Optic

Ini adalah kolaborasi pertama HMD Global dengan Zeiss optics. Kamera depan dan belakang dikembangkan Nokia bersama Zeiss Optics.

BACA JUGA:  XL Axiata dan Nokia Sukses Gelar WPON Pertama di Indonesia

Kamera utama Nokia 8 adalah 13MP (colour+OIS) + 13MP (mono) f/2.0 PDAF dan dual tone flash.

Sementara kamera selfie dibekali 13MP f/2.0 PDAF dengan display flash.

2Dual-sight Camera

Pengguna bisa menggabungkan hasil foto atau video dua kamera di satu frame, brand menyebutnya Bothie.

Menariknya, fitur itu sudah terintegrasi ke platform media sosial untuk keperluan unggah foto atau video siaran langsung ke Facebook atau Youtube secara real-time.

Bothie sangat mendukung pengguna dalam membuat konten kreatif. Mereka bisa mengunggah video ke Facebook atau Youtube secara bersamaan dan live, tidak perlu meninggalkan aplikasi kamera.

3Ozo Audio

Fitur baru Audio Ozo menggabungkan tiga mikrofon dengan algoritma akustik eksklusif dari Nokia untuk menangkap audio dengan suara surround spasial 360° yang mendalam.

4Disain tipis

Mengusung konsep sederhana dan natural, Nokia 8 berdisain unibody dengan kerangka bahan material berkualitas. Dengan sisi setipis 4,6mm dan rata-rata ketebalan 7,3mm, smartphone dirancang secara presisi dari aluminium seri 6000 yang dikenal kokoh.

BACA JUGA:  Nokia 3.1 Plus Resmi di India, Harga Rp2,4 Juta

5Android Pure

Tanpa “campur tangan” vendor, Nokia 8 hadir dengan Android Pure. Menu minimalis tanpa aplikasi titipan yang cenderung memperlambat kinerja.

Pada kotak penjualan, Nokia 8 masih mengusung Nougat. Namun begitu Anda menyalakan smartphone pertama kali, akan langsung diminta update ke Android Oreo.

Selain itu, Android Pure menjadi jaminan untuk update keamanan bulanan. Tidak lupa, Nokia 8 juga hadir dengan otentikasi sidik jari biometrik.

6Snapdragon 835

Meski bukan smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 835 di Indonesia, tapi Nokia 8 dipastikan perangkat pertama yang menawarkan harga paling terjangkau. Nokia 8 sudah didukung chipset Octa-core MSM8998 dengan empat-core berkecepatan 2.36GHz dan empat lainnya 1.9GHz.

7USB Type-C

Penggunaan port USB type-C sudah semakin masif di vendor smartphone global. Dengan begitu, akan mempercepat durasi pengisian daya maupun transmisi data via kabel.

BACA JUGA:  HMD Global Konfirmasi Nokia 5.1 Plus Masuk Indonesia

8Layar QHD

Nokia 8 sangat nyaman digunakan satu tangan karena bentang layar ‘hanya” 5,3 inci. IPS LCD-nya memiliki resolusi QHD (2560×1440) yang dilindungi Corning Gorilla Glass 5 dan sudut lengkung 2.5D.

Tidak lupa, Nokia 8 sudah mengantongi IP54 untuk ketahanan percikan air sehingga layar sentuh kapasitif-nya akan tetap bisa digunakan meski tangan pengguna basah.

Spesifikasi lain Nokia 8 termasuk RAM 4GB dengan internal storage 64GB yang bisa diekspan melalui slot microSD yang bisa membaca hingga 256GB.

Sudah mengusung Dual SIM card dan jaringan 4G LTE Cat.9 (3CA) serta sensor fingerprint yang dibekali baterai kapasitas 3090mAh.

Baca juga: Gandeng Partner Baru, Nokia 8 Resmi Edar di Indonesia

Tersedia dalam varian warna Polished Blue dan Steel, Nokia 8 dijual pada 15 Februari 2018 pukul 11.00 wib eksklusif di Lazada dengan harga Rp5.999.000 (untuk 200 pelangan pertama). Harga normalnya Rp6.499.000.