Saturday, August 15, 2020
       
Home News Market Update Xiaomi Akhiri Dominasi 6 Tahun Samsung di India

Xiaomi Akhiri Dominasi 6 Tahun Samsung di India

-


Jakarta, Selular.ID – Resmi, Xiaomi menjadi brand nomor satu di pasar smartpone India. Menurut data terbaru dari perusahaan riset Counterpoint dan Canalys, pasar smartphone India akhirnya melihat pergantian mahkota dari raksasa asal Korea Selatan Samsung ke penguasa asing lainnya, Xiaomi.

Menurut laporan Canalys vendor China Xiaomi memimpin pasar pada Q4 2017 dengan pengiriman mendekati 8,2 juta unit.

Sementara Samsung mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 17%, namun gagal mempertahankan keunggulannya, mengirimkan lebih dari 7,3 juta smartphone, yang menempati posisi kedua.

Data dari kedua perusahaan analis menggambarkan Xiaomi unggul tipis dari Samsung pada kuartal terakhir 2017, masing-masing 27 persen dan 25 persen (menurut Canalys) dan 25 persen berbanding 23 persen (menurut Counterpoint).

Counterpoint mencantumkan angka sepanjang tahun, yang menyimpulkan bahwa Samsung (24 persen) masih berada di depan Xiaomi (19 persen) sepanjang 2017.

Data tersebut juga cukup mengejutkan dalam hal seberapa dominan kedua brand tersebut. Bersama-sama mereka menyumbang lebih dari setengah dari semua penjualan smartphone di India.

Direktur asosiasi Counterpoint Research Tarun Pathak mengatakan, “… Selama paruh kedua, pemain seperti Xiaomi sangat mengganggu dengan portofolio harga yang agresif yang dibawa ke pasar dengan strategi perluasan saluran yang efektif. Hal ini membantu Xiaomi untuk melampaui pemimpin pasar lama, Samsung, untuk pertama kalinya. Pertarungan ini mengakhiri dominasi pasar enam tahun Samsung.”

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest