E-Commerce

OLX Ungkap Potensi Pertumbuhan Iklan Baris Online di Indonesia


Jakarta, Selular.ID – Aktivitas jual-beli online semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dipicu oleh kemudahan yang diberikan oleh teknologi digital.

Masyarakat cukup mengakses platform jual-beli online, memasukan produk yang dipilih ke dalam keranjang belanja virtual, dan membayarkan seluruh total biaya pembelian. Selanjutnya, pembeli menunggu barang tersebut dikirimkan ke tempat tinggal, kantor, atau lokasi pilihan lainnya.

Berdasarkan riset dari Google Temasek tahun 2017, transaksi e-commerce mencapai 10,9 miliar dolar US, di Asia Tenggara. Jumlah ini lebih besar 41% dibandingkan tahun 2015 yang hanya mencapai 5,5 miliar.

Di Indonesia sendiri, e-commerce masih didominasi oleh jenis marketplace. Di mana, dalam satu platform terdapat banyak penjual dengan barang serupa. Selain itu, platform jenis ini juga memfasilitasi pembayaran hingga pengiriman barang.

Di sisi lain, platform iklan baris online menjadi pilihan individu yang ingin menjual dan membeli barang bekas. Munculnya aktivitas jual-beli pre-loved yang banyak dijumpai di media sosial, menunjukkan bahwa aktivitas jual-beli barang bekas mulai diminati masyarakat luas.

Baca juga :  Perluas Jaringan B2B, Blibli Gunakan Solusi Cloud SAP

Jangkauan media sosial terhadap calon pembeli yang terbatas, menjadikan peluang bagi iklan baris online untuk memberikan sebuah media beriklan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan jumlah followers, di akun media sosial.

“Saat ini, marketplace banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, kami melihat peluang untuk terus mengembangkan pasar iklan baris online, di Indonesia,” ujar Olaf Van Schagen, Chief Executive Officer OLX Indonesia, pada siaran resmu yang diterima Selular.ID (26/1/2018).

Van Schagem melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai mengadaptasi jual-beli barang bekas, melalui media online. Hal ini akan terus mendorong pertumbuhan bisnis iklan baris di Indonesia, ujarnya.

Selaras dengan komentar Van Schagen, Ken Research pun memprediksi bisnis iklan baris onlinedi Indonesia, akan mengalami pertumbuhan positif beberapa tahun ke depan. Peningkatan penggunaan iklan baris horizontal, munculnya permintaan terhadap barang bekas—terutama mobil—serta peningkatan pembangunan tempat tinggal, diprediksi menjadi pendorong pertumbuhan ini.

Baca juga :  Terapkan Strategi O2O, JD.ID Buka 'Mini Market'

Selain itu, Ken research juga menyebutkan bahwa kemunculan permintaan terhadap tenaga kerja ahli juga turut memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan iklan baris online.

Van Schagen menyampaikan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce tidak hanya diperuntukan bagi lulusan teknik. Ia mengatakan bahwa pengembangan produk dan servis di e-commerce menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari tim teknologi dan produk, riset, data & analisis, pemasaran, hingga pelayanan pengguna.

OLX menyerukan akan terus berpartisipasi dalam membangun industri e-commerce di Indonesia, melalui pengembangan produk yang relevan bagi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, diharapkan segmen iklan baris online, di Indonesia, potensinya akan terus bertumbuh. 

About the author

Khoirunnisa

Leave a Comment