Saturday, December 14, 2019
Home Apps Tantang iMessage, Google Rancang Android Messages

Tantang iMessage, Google Rancang Android Messages

-


Jakarta, Selular.ID – Salah satu daya tarik perangkat Apple adalah eksklusivitas yakni sejumlah fitur yang hanya tersedia di perangkat Apple, salah satunya layanan pesan iMessage. Dalam waktu dekat, Google berencana mengeluarkan layanan serupa berbasis Android.

Pekan ini Google mengumumkan kemitraan baru untuk mempercepat adopsi pesan berbasis RCS (rich communication services). Aplikasi Android Messages berbasis RCS, dikatakan Google, akan segera terintegrasi di seluruh portofolio smartphone Huawei.

Sudah tersedia sejak 2015, adopsi layanan standar penerus SMS/MMS itu relatif lamban di antara operator dan perangkat. Google mempelopori upaya tersebut dengan membangun hub RCS ‘Jibe’ (pada 2016) dan mengintegrasikannya ke aplikasi SMS Android Mesaages-nya, sehingga memudahkan operator untuk mendukungnya.

Tahun lalu, Samsung memilih untuk membangun hub RCS sendiri, namun Huawei memutuskan untuk memanfaatkan teknologi Google.

Huawei mengumumkan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan Google untuk menawarkan Jibe kepada mitra operator, sebagai bagian dari solusi terpadu dengan layanan IMS perusahaan. Dengan kata lain, Huawei akan membantu Google mendorong adopsi RCS.

Selain itu, perusahaan akan beralih ke Android Messages sebagai aplikasi default SMS/RCS di perangkatnya “dalam beberapa bulan mendatang.”

Dengan pengumuman kemitraan di atas, semoga kita akan melihat lebih banyak operator mengadopsi RCS dalam beberapa bulan mendatang, termasuk di Indonesia.

Latest