Sony Umumkan Waktu Peluncuran XA2 dan Xperia XA2 Ultra

HSFemCSTLXUrd67MJnG56C-970-80
Jakarta,Selular.ID -Seperti brand lainnya di 2018, Sony pun akan menghadirkan seri baru di tahun ini. Kabarnya Sony telah mengumumkan dua ponsel baru di lini XA, Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra.

Sony sepertinya akan memanfaatkan ajang  pameran Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas untuk menunjukkan smartphone terbaru yang dimilikinya ke publik.

Seperti ditulis Tech Radar, Xperia XA2 dan XA2 Ultra akan diluncurkan pada awal Februari. Xperia XA2  biasa akan tersedia dalam warna Silver, Black, Blue, dan Pink, sementara XA2 Ultra akan hadir dalam warna Silver, Black, Blue, dan Gold.

Kedua smartphone memiliki tampilan berbeda dari seri Sony lainnya. Untuk lini XA, selain memiliki bezel tipis sejak awal, Sony akan memasang pemindai sidik jari dibelakang ponsel, karena biasanya pemindai sidik jari tertanam di tombol power lalu ada beberapa upgrade perangkat keras.

Sony Xperia XA2 dan XA2 Ultra keduanya didukung oleh Qualcomm Snapdragon 630 – SoC octa core yang mampu melakukan kecepatan clock hingga 2,2 GHz.

XA2 biasa memiliki RAM 3 GB, sedangkan versi Ultra memiliki RAM 4 GB. Ponsel yang lebih kecil hanya memiliki penyimpanan 32 GB, sementara yang lebih besar akan hadir dalam varian 64 GB, keduanya akan mendukung peningkatan kapasitas penyimpanan melalui kartu microSD.

keduanya memiliki rasio aspek 16:9 tradisional. Xperia XA2 biasa memiliki layar 5.2 inci dengan resolusi piksel 1080 x 1920, sedangkan XA2 Ultra lebih besar, dengan layar 6 inci 1080 x 1920.

Smartphone ini memiliki baterai yang cukup bagus, 3.300 mAh pada Xperia XA2 dan 3.580 mAh pada Xperia XA2 Ultra. Sony memiliki suite Battery Care dan Qnovo Adaptive Charging yang bekerja di belakang untuk memastikan waktu pengisian yang cepat dan kesehatan baterai yang panjang.

Keduanya mengusung kamera utama 23 MP. Kamera ini mampu merekam video 4K dan bisa menangkap klip slow motion 120 FPS. Kamera ini juga memiliki sensitivitas cahaya yang ekstrim – ISO bisa sampai 12.800 untuk kondisi yang sangat gelap.

Di bagian depan, Xperia XA2 memiliki kamera sudut lebar 120 derajat, 8 MP untuk membantu mendapatkan lebih banyak hal ke dalam gambar diri.

Xperia XA2 Ultra memiliki dua kamera selfie  kamera sudut lebar seperti pada saudara kandungnya yang lebih kecil dan kamera yang berukuran 16 MP yang dibantu oleh modul OIS sendiri untuk selfie ekstra stabil dan detail. Untuk melengkapinya, Xperia XA2 Ultra memiliki lampu selfie untuk tembakan gelap.

Xperia XA2 dan XA2 Ultra juga hadir dengan SmartAmp, fitur peningkatan suara, yang akan memperbaiki nada yang berasal dari speaker telepon. Namun, masih belum ada speaker stereo di ponsel itu.

Mengenai harga, Sony memang belum memberikan bocorannya, namun berkaca dari seri sebelumnya  XA yang lebih kecil berada di sekitar angka $ 300 (Rp 4 juta), sementara XA Ultra menjadi $ 370 (Rp 5 juta) atau lebih.