Jakarta, Selular.ID – Cryptocurrency, seperti Bitcoin, menjadi salah satu topik hangat, begitu juga dengan penambangan koin, yang dikenal dengan penambangan cryptocurrency. Sementara beberapa pengembang web menggunakan pusat data mereka, ternyata semakin banyak pula yang menggunakan komputer dan smartphone milik orang lain untuk menambang cryptocurrency.

Gejala itu diperkirakan mempengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia, menyebabkan perangkat mereka menjadi hangat, semakin lambat dan menguras baterai.

Baru-baru ini, Opera menjadi browser besar pertama yang menambahkan fitur perlindungan terhadap penambangan cryptocurrency dalam produk desktop-nya. Kini, Opera meluncurkan fitur tersebut di semua mobile browser, melindungi ratusan juta pengguna browser smartphone.

Baca Juga:  Trend Bitcoin, Luno Kepakan Sayap di Indonesia

“Ketika Anda menjelajahi web, tidak ada petunjuk visual yang menandakan bahwa perangkat Anda sedang dibajak untuk melakuka ln kegiatan penambangan cryptocurrency,” kata Jan Standal, VP Product Marketing Opera, pada siaran resmi yamg diterima Selular.ID (22/1/2018).

Jan Standal mengemukakan bahwa satu halaman web yang Anda kunjungi bisa menghabiskan 4,5 jam daya tahan baterai bila Anda membiarkan web tersebut terbuka di browser.

Berdasarkan beberapa laporan, lanjuta Jan, pada saat ini ada lebih dari 3 juta web yang rawan terhadap cryptojacking (penggunaan perangkat komputer pengguna oleh orang lain secara rahasia untuk menambang cryptocurrency) sehingga kebutuhan untuk perlindungan ekstra menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Baca Juga:  3 Tips Cegah Investasi Bitcoin Bodong Ala Luno

“Dengan memblokir scripts penambangan, Opera memastikan smartphone penggunanya tetap berjalan dengan lancar dan memiliki baterai cukup untuk hal yang betul-betul diinginkan atau yang perlu dilakukan,” katanya.

Bagaimana cara kerjanya?

Fitur baru perlindungan penambangan cryptocurrency itu akan langsung aktif ketika fitur ad blocker di Opera Mini dan Opera untuk Android dihidupkan.

Fitur ad blocker dapat diaktifkan di “Pengaturan” dan akan secara langsung mengenali serta menghentikan scripts penambangan yang tertanam di dalam coding sebuah web.

Baca Juga:  Seberapa Aman Bitcoin ? Ini Kata Luno

Setelah beberapa pengujian browser Opera untuk smartphone dengan menggunakan Samsung Galaxy S8 dan HTC One, browser di Opera menetapkan bahwa script penambangan untuk cryptocurrency dapat meningkatkan penggunaan CPU hingga 100%.

Hal itu dapat meningkatkan pengurasan masa pakai baterai dan membuat smartphone cepat panas.

“Setelah menguji Opera Mini dan setelah menghidupkan ad blocker di Opera untuk Android, kami menemukan bahwa pemakaian CPU di beberapa smartphone pulih, bahkan hingga 100%,” papar Jan.

Opera Mini tersedia di App Store dan Google Play. Opera untuk Android dapat diunduh di Google Play.