infinix zero 5, harga infinix zero 5 indonesia, review infinix zero 5 indonesia, smartphone 6GB

Jakarta, Selular.ID – Hari ini, Infinix resmi memperkenalkan smartphone pertama di tahun 2018 untuk pasar Indonesia. Bernama Infinix Zero 5, smartphone merupakan perangkat unggulan perusahaan tapi dibanderol dengan harga menengah.

Seperti diketahui, di Indonesia, Infinix memiliki 3 lini produk yang menyasar semua segmen. Pertama ada seri S (dulu seri Hot) untuk segmen muda, lalu ada seri Note (dulu Hot Note) untuk kalangan bisnis, serta seri Zero yang menyasar kelas atas.

Ketika Infinix mulai memasuki pasar Indonesia pada pertengahan 2015 dengan produk perdana Hot Note X551, perusahaan mendapat predikat Best New Comer di ajang Selular Award 2016 untuk kategori produk.

Hingga akhir 2017, setidaknya perusahaan sudah mengeluarkan total lebih dari 10 model smartphone. Sebelum Zero 5, vendor mengeluarkan Infinix SMART yang hanya tersedia offline dan Infinix Note 4 Pro dengan stylus inovatif yang ditawarkan secara terbatas di Lazada pada November silam.

Secara tradisi, setelah seri Note, Infinix bakal merilis model Zero. Benar saja, mengawali tahun 2018, Infinix hari ini merilis anggota terbaru di jajaran flagship: Zero 5.

Tiga fitur utama yang ditawarkan Infinix Zero 5 adalah RAM 6GB, dual-camera di belakang, dan kerangka bodi yang solid.

Smartphone dengan RAM 6GB belum banyak di Indonesia. Sebut saja Oppo F5 dan Asus Zenfone 3 Deluxe. Tapi keduanya dibanderol di atas Rp5 juta.

Infinix Zero 5 menjadi smartphone dengan kapasitas RAM 6GB termurah saat ini. Penjualan hari ini (25/1/2018) di Lazada dimulai pada pukul 11.00 wib, smartphone ditawarkan dengan harga Rp3.499.000.

Selular.ID berkesempatan mencicipi produk tersebut sebelum peluncuran resminya. Penasaran? Berikut ulasan Redaksi untuk smartphone Infinix Zero 5 X603.

Highlight Infinix Zero 5
– RAM 6GB ROM 64GB
– USB Type C
– Kamera ganda di belakang
– Layar belum mengusung rasio 18:9
– Harga Rp3,5 juta

1Desain Infinix Zero 5

Pertama kali membuka kotak pembungkus, kata “bongsor” mungkin akan terlintas pertama kali. Ya, Infinix Zero 5 terbilang besar karena mengusung layar 5,98 inci Full HD. Ukuran lengkap bodinya adalah 166.4 x 82.4 x 7.9 mm. Sementara bobotnya juga tergolong berat (karena baterai besar) yaitu 197 gram.

Infinix Zero 5 mengusung dimensi yang lebih lebar dari smartphone berlayar 6 inci pada umumnya, apalagi bila dibandingkan dengan smartphone ramping berasio 18:9 yang sekarang sedang mewabah di tiap vendor.

Karena tiga poin tadi (bongsor, lebar, dan berat), maka mengoperasikan Infinix Zero 5 dengan satu tangan terbilang sulit. Bahkan setelah menggunakannya selama dua minggu, kami juga belum sepenuhnya terbiasa dengan ukurannya. Kami tidak mengatakan smartphone ini tidak cocok untuk kaum hawa, tapi jika Anda tidak masalah dengan ‘body ekstra’ yang diberikan, maka Infinix Zero 5 layak Anda jadikan prioritas.

Dari segi desain, sebenarnya tidak ada yang benar-benar menonjol. Apalagi saat ini dimana display bezel-less tengah jadi topik hangat di ranah smartphone, maka desain Zero 5 tergolong standar. Tapi, kualitas kerangka bodinya menjadi keunggulan Infinix Zero di segmen harga ini.

Mengusung desain unibody berbalut logam dengan permukaan depan semua kaca, dan lekukan tepi yang elegan, sangat memberi kesan premium smartphone.

Di bagian belakang, terlihat sentuhan apik di sekitar peletakan kamera. Balok hitam memanjang, mengkilap dan bertekstur, mengapit kamera ganda dan LED flash. Sekilas desain ini mirip dengan posisi kamera ala Huawei P9.

Unit yang kami pegang memang berwarna hitam, tapi ada pilihan warna lain yang disebut Infinix Bordeaux Red, yaitu merah. Kami sudah melihatnya, dan jika Anda memutuskan untuk membeli Zero 5, pastikan memilih warna merah, karena terasa lebih kontemporer dibanding dua warna lainnya (hitam dan emas).

2Layar Infinix Zero 5

Infinix Zero 5 mempunyai bentang layar 5,98 inci yang sangat menawan. Berlapis Corning Gorilla Glass, tampilan 1080p Full HD terlihat sangat terang, dan semua warnanya renyah. Tapi jika Anda merasa belum puas dengan tampilan layarnya, ada pilihan untuk men-tweak pengaturan layar secara manual agar sesuai dengan selera Anda.

Bahkan tingkat keterbacaan font di bawah sinar matahari langsung mengesankan. Infinix sepertinya sudah memikirkannya dengan matang, karena layar sangat mendukung konten multimedia meski dilihat saat pengguna berada di luar ruangan. Ini bagus untuk menonton video saat bepergian, dan bahkan gaming secara mobile juga terlihat sangat baik.

Karena Infinix belum menerapkan rasio 18:9, maka akan ada bezel cukup di bagian atas dan bawah. Frame di bagian bawah nampak sia-sia karena tombol navigasi berada di dalam layar.

3Kinerja Infinix Zero 5

Sebagai perangkat flagship, Zero 5 sudah pasti ditopang prosesor andal. Guna menjamin performa, smartphone didukung oleh SoC-PWC MediaTek Helio P25 octa-core yang mampu berlari dengan kecepatan hingga 2,6GHz yang dipasangkan dengan RAM 6GB.

Di atas kertas, perangkat ini tampak mampu menangani hampir semua hal yang diperintahkan. Setelah pengujian dua minggu pemakaian, betul saja. Untuk penggunaan sehari-hari yang cukup padat (call, browsing, gaming, streaming, downloading, chatting, video call, dll) semua lancar.

Sementara video dan game juga ditangani dengan cukup baik. Kami mencoba memainkan game sarat grafis seperti Asphalt 8: Airborne, baik kecepatan respon papan kontrol dan visual, cukup baik. Perangkat mampu menangani multitasking dengan baik, tentu karena RAM super lega.

Seperti halnya kebanyakan OEM China, Zero 5 juga berjalan pada versi Android OS yang disesuaikan. Ada Android Nougat onboard yang dibungkus Infinix’s XOS Hummingbird UI. Di kancah global, perusahaan menjanjikan satu update software, ke Android Oreo.

XOS 3.0 menyajikan fungsi baru dan interaksi baru. Dibandingkan versi XPS sebelumnya, Zero 5 didesain dengan sistem anti-pencuri, mode split-screen yang fleksibel, dan fitur interaksi pintar yang baru.

Sejumlah fitur yang akan bermanfaat bagi pengguna angara lain kemampuan untuk melindungi aplikasi pengguna, dan menghapus data ponsel dari jarak jauh.

Ada juga fitur yang disebut Freezer, yang pada dasarnya meng-idle-kan aplikasi yang tidak Anda gunakan cukup lama. Setelah dibekukan, aplikasi ini tidak memakai sumber daya telepon, dan kemudian bisa dicairkan kembali hanya dengan sekali tekan.

4Kamera Infinix Zero 5

Infinix menjadikan dual-kamera sebagai nilai jual utama Zero 5. Setup di bagian belakang dilengkapi dengan kombinasi lensa wide-angle 12MP, dan lensa telefoto 13MP. Keseluruhan fungsinya mirip dengan yang Anda lihat di smartphone seperti Apple iPhone X.

Kedua kamera yang bekerja sama tidak hanya membantu menawarkan zoom tanpa celah, tapi juga memungkinkan Anda memotret dengan efek bokeh seperti DSLR. Selama kondisi pencahayaan ideal, semua foto yang kami ambil terlihat tajam dan detil.

Modus potret tidak diragukan lagi ada di antara fitur utama, dilengkapi dengan fokus dan blur. Smartphone juga memungkinkan Anda untuk memfokuskan kembali foto setelah selesai diambil.

Hasil foto di dalam rumah berbeda. Saat kondisi pencahayaan kurang ideal, foto yang dihasilkan tidak sedetil dan setajam outdoor atau cahaya cukup. Meskipun ada mode Pro untuk men-tweak pengaturan kamera secara manual, hasilnya masih lebih baik di outdoor atau di pencahayaan cukup.

Di bagian depan, ada kamera 16 megapiksel dilengkapi LED Flash dengan mode kecantikan standar, dan mode bokeh. Meskipun tidak ada pengaturan dual-kamera di bagian depan, smartphone menggunakan perangkat lunak untuk menciptakan blur buatan. Sementara hasil selfie normal dan bokeh cukup baik.

5Fitur Infinix Zero 5

Zero 5 hadir dengan penyimpanan internal 64GB. Jika itu tidak cukup, ada juga slot khusus untuk kartu microSD di sebelah kiri, dengan dukungan kartu hingga 128GB.

Smartphone didukung baterai kapasitas besar 4.350mAh yang cukup untuk tidak men-charge seharian. Bahkan dengan penggunaan berat yang melibatkan game dan menonton video, baterai hampir bisa bertahan seharian.

Dalam hal pengisian daya, Infinix mengatakan Zero 5 mendukung XCharge, yang  seharusnya mempersingkat waktu pengisian. Tetapi ketika kami coba, perlu waktu lebih dari dua jam untuk mengisi daya dari nol-100 persen.

Bukan port biasa, Infinix Zero 5 sudah menggunakan USB Type-C seperti smartphone premium Samsung Galaxy S8 dan LG V30.

Di bagian belakang terdapat sensor sidik jari yang dipasang dengan baik, cukup mudah dijangkau saat memegang perangkat dengan satu tangan. Sensornya cukup cepat untuk membangunkan perangkat, dan juga sangat berguna saat mengklik selfie.

Terakhir, ada dukungan untuk dua kartu SIM (Micro), dengan nampan SIM diletakkan di sisi kanan. Sementara kedua slot SIM mendukung LTE, tapi hanya satu yang bisa diaktifkan dengan 4G, sedangkan yang lainnya beralih ke 3G.

6Benchmark Infinix Zero 5

Menggunakan aplikasi benchmark Antutu, Infinix Zero 5 menunjukkan angka 66128, yang artinya sangat baik untuk bermain game berat dan bersosialisasi di dunia maya seharian. Diajak mengolah dokumen kantor secara mobile pun sangat nyaman dan lancar berkat layar dan RAM yang besar.

7Kesimpulan

Memasuki tahun ketiga kehadirannya di Indonesia, Infinix masih kalah pamor dengan merek global seperti Samsung ataupun rival se-daratan Oppo dan Vivo, bahkan Xiaomi.

Tapi hal itu bukan berarti produk Infinix lebih jelek dari produk mereka. Contohnya Zero 5 ini nampak mampu menonjol di segmen menengah yang sangat kompetitif.

Di segmen harga Rp3-4 juta, pembeli selalu mengharapkan kamera yang bagus. Smartphone seperti Oppo dan Vivo unggul dalam hal selfie sementara Infinix Zero 5 menawarkan kamera belakang yang sangat berkualitas.

Layak dibeli?

Berdasarkan dua minggu bersama Infinix Zero 5, smartphone berhasil memukau di beberapa area. Terutama pada tampilan layar yang besar dan tajam, kerangka yang solid dan daya tahan baterai cukup lama termasuk di antara kelebihan utamanya.

Di aiai software, XOS 3.0 pada Zero 5 menawarkan beberapa fitur privasi yang menonjol. Hasil bidikan kameranya sangat baik. Pada harga Rp3,5 jutaan, Zero 5 sangat layak dibeli.

Beli sekarang Infinix Zero 5 di Lazada.