Wednesday, November 20, 2019
Home News Market Update Pertama Kali, Pengiriman Smartphone di China Menurun

Pertama Kali, Pengiriman Smartphone di China Menurun

-

Photo: Russell Monk/Getty Images

Jakarta, Selular.ID – Pasar smartphone China mulai menunjukkan kejenuhan. Selama tahun 2017 pengiriman tahunan di negara itu mengalami penurunan, untuk pertama kalinya sejak smartphone hadir pada 2009.

Menurut data baru dari perusahaan analis Canalys yang dirilis pekan ini, menyebutkan penurunan pasar pertama kali terlihat di Q2 2017. Sejak saat itu, diagram terus menukik selama periode dua belas bulan.

Canalys melaporkan bahwa total pengiriman smartphone turun empat persen dari tahun sebelumnya menjadi 459 juta unit pada 2017. Secara khusus, angka di Q4 turun 14 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun 2016 dengan angka 113 juta unit smartphone dikirim.

Meski begitu, raksasa Huawei terus mengalami kenaikan pertumbuhan yang mengesankan dengan 24 juta pengiriman pada kuartal terakhir 2017, yang tumbuh sembilan persen di atas pasar, dengan total pengiriman 90 juta unit smartphone tahun lalu.

Kinerja dua perusahaan seinduk Oppo dan Vivo melesat di kancah global dengan penjualan yang kuat di pasar negara-negara berkembang di Asia, namun di China, jumlah pengapalan mereka menurun masing-masing 16 persen dan 7 persen, dengan pengiriman 19 juta dan 17 juta unit, menurut Canalys.

Akhirnya, peluncuran iPhone X dan iPhone 8 membantu Apple menyalip Xiaomi ke posisi keempat dengan 13 juta pengiriman pada Q4 2017.

Pertumbuhan yang melambat di dalam negeri mendorong brand smartphone China untuk melihat ke pasar luar negeri, dengan banyak beralih ke India dimana mereka telah lama mengalahkan persaingan lokal, dan pasar yang baru lahir seperti Indonesia, yang masih akan tumbuh secara signifikan.

Xiaomi, khususnya, yang mengalahkan Samsung ke posisi teratas di India di Q4, juga telah bergerak ke Spanyol, Meksiko, Rusia dan sebagian Afrika juga. Amerika Serikat terbukti menjadi pasar yang sulit bagi vendor China.

Analis di Canalys mengatakan Q4 adalah kuartal terbaik Huawei di China. Merek Nova dan Honor mampu meraup pangsa pasar dari vendor yang lebih kecil: Meizu dan Gionee. Honor menyumbang lebih dari setengah pengiriman Huawei.

Posisi Meizu dan Gionee di China terlihat semakin melemah tahun lalu, karena Lenovo dan ZTE juga akan mengalihkan perhatian mereka ke pasar dalam negeri.

Latest