Friday, May 29, 2020
Home News Hadapi Gempuran Brand China, India Hadirkan Smartphone Lokal Android Go

Hadapi Gempuran Brand China, India Hadirkan Smartphone Lokal Android Go

-

samartphone Android GoJakarta, Selular.ID – Setelah diumumkan di gelaran Google I/O tahun ini, Android Go akhirnya resmi meluncur. Sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end (smartphone murah),  sudah tersedia dan dapat digunakan para vendor termasuk pengembang. Kini Smartphone Android murah bertajuk Android Go akan memulai debutnya Januari ini.

Seperti diberitakan Tech Radar, beberapa vendor asal India akan menghadirkan smarrphone Android Go. Pasalnya, vendor lokal India mengalami penurunan pangsa pasar akibat gempuran vendor China.

Sehingga Google dan vendor India akan bermitra, ponsel Micromax akan memulai pengiriman ponselnya seharga USD32 atau setara dengan Rp430.000 pada akhir Januari. Tak hanya itu, beberapa vendor seperti Intex, Lava, Karbonn juga akan menghadirkan ponsel Android Go dengan kisaran harga yang sama.

Ponsel Android Go memang menyasar konsumen low-end yang memiliki keinginan untuk migrasi dari feature phone.

Perlu diketahui, Android Go bukan sebuah ponsel. Ia merupakan sebuah platform untuk memberi sebuah pengalaman terbaik memakai Android di perangkat kelas bawah. Ini adalah versi ringan dari Android O (dan seterusnya) agar bekerja secara lancar pada ponsel kelas bawah yang sangat murah.

Secara khusus, Google merancang platformAndroid Go untuk berjalan di perangkat kelas bawah dengan memori di antara 512 MB sampai 1 GB. Menurut rencana, perangkat Android Go akan tersedia di pasar pada tahun 2018. Kehadiran Android Go di tahun depan ini memberikan waktu kepada para vendor ponsel untuk menyiapkan perangkat yang baik, dan dibenamkan Android Go, agar sistem operasinya bisa berjalan lebih ringan.

Dalam konferensi teknologi Google I/O 2017 di Mountain View, California, Sammer Samat VP Android and Play berkata bahwa platform ini sangat cocok untuk negara berkembang seperti Indonesia, India, dan Brazil. “Android Go dirancang dengan fitur yang relevan untuk orang-orang yang memiliki konektivitas data terbatas.

Ponsel Android Go bakal menjalankan sistem operasi Android Oreo versi khusus. Sistem operasi ini yang dirancang agar bisa berjalan dengan mulus dengan spesifikasi hardware terbatas.

Aplikasi-aplikasi Google seperti Maps, Chrome, dan PlayStore pun dibuatkan versi khusus, yang berukuran lebih kecil untuk Android Go.

Untuk menekan harga, smartphone Android Go hanya akan dibekali RAM 1 GB dan media penyimpanan 8 GB, tapi sudah memiliki konektivitas 4G LTE.Dengan harga murah meriah, Android Go diharapkan bisa menarik hati konsumen yang selama ini belum mau beralih dari feature phone karena kendala harga.

TERBARU

iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris Dunia pada Q1 2020

Jakarta, Selular.ID - Apple bisa dibilang tepat mengambil keputusan untuk merilis iPhone 11 pada...

GoCar Pasang Sekat Pelindung di Era New Normal

Jakarta, Selular. ID - Gojek meningkatkan protokol kesehatan dan standar higienitas guna membantu masyarakat...

Siap Beri Pinjaman Bunga Rendah, Julo Kantongi Izin OJK

Jakarta, Selular.ID - Di tengah maraknya penutupan perusahaan fintech ilegal di tengah suasana pandemi...

Latest