Beranda News App Store Raih Keuntungan Berlimpah di Libur Natal dan Tahun Baru

App Store Raih Keuntungan Berlimpah di Libur Natal dan Tahun Baru

-

apps storeJakarta, Selular.ID – Apple, memperoleh pemasukan  cukup signifikan, pendapatan yang diraih oleh Apple disumbangkan App Store di musim libur Natal dan tahun baru.

Berdasarkan pantauan mereka, pada 1 Januari 2018, transaksi App Store mencapai USD 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun. Sementara pekan Natal yang dimulai dari 24 Desember mampu mencetak angka lebih tinggi, yakni USD 890 juta atau sekitar Rp 12,7 triliun.

Seperti diinformasikan melalui News Roomnya, Tidak hanya itu saja, Apple juga mencatat 500 juta orang menyambangi toko aplikasinya. Sebanyak 2.000 aplikasi menggunakan software augmented reality besutan Apple, ARkit.

Apple diketahui rutin menginformasikan kinerja toko aplikasinya sepanjang libur Natal dan Tahun Baru. Jika dibandingkan dengan pencapaian di tahun lalu, transaksi yang dibukukan pada 1 Januari 2017 sebesar USD 240 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun. Sementara sepanjang Desember, transaksi yang terjadi mencapai USD 3 miliar atau Rp 42,9 triliun.

sepanjang 2017, Apple mengaku telah membayarkan USD 26,5 miliar atau sekitar Rp 378,5 triliun ke developer. Dikutip angka tersebut diklaim meningkat 30% dari sebelumnya.

Sedangkan selama tahun 2016, Apple membayarkan ke pengembang aplikasi sebesar USD 20 miliar Rp 285,7 triliun. Jumlah aplikasi yang dimiliki App Store sendiri mencapai 2,2 juta atau meningkat 20% dari 2015.

Apple App Store adalah platform distribusi aplikasi untuk iOS yang dikembangkan dan dikelola Apple Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna menjelajah dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Apple iOS SDK. Aplikasi dapat diunduh langsung ke sebuah perangkat iOS atau komputer pribadi melalui iTunes.

Apllikasi di App Store umumnya ditargetkan untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad dan dapat memanfaatkan fitur-fitur khusus pada perangkat seperti sensor gerak untuk kontrol permainan dan kamera untuk panggilan video daring.

Aplikasi dapat diunduh gratis atau dengan harga yang ditetapkan. Selain itu bisa juga menggunakan cara monetisasi dalam aplikasi seperti iklan atau pembelian item. Apple mengambil 30% keuntungan yang didapat melalui aplikasi dan 70% sisanya dikembalikan ke produsen aplikasi.

Artikel Terbaru