BerandaNewsTim Cook : Artificial Intelligent Jadi Visi Internet Masa Depan

Tim Cook : Artificial Intelligent Jadi Visi Internet Masa Depan

-

tim-cookJakarta, Selular.ID – Seperti tokoh ICT lainnya, CEO Apple Tim Cook tak meragukan bahwa masa depan internet akan dipengaruhi oleh artificial intelligent (AI). Alih-alih melakukan perdebatan seperti yang dilakukan Mark Zukerberg dan Elon Musk, Cook lebih memilih bersikap optimis namun tetap diperlukan kehati-hatian.

Menurut Cook, teknologi AI yang digembar-gemborkan seperti pembelajaran mesin, memiliki potensi untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Meski demikian, ia mengingatkan bahwa manfaatnya harus dibagikan secara luas agar janji itu dapat direalisasikan.

“Tidak pernah dikatakan bahwa dunia memiliki masa depan yang jauh lebih memungkinkan dengan AI. Teknologi ini dapat memperkuat kinerja manusia dan memberikan terobosan yang membentuk kembali kehidupan masyarakat,” kata Cook saat saat tampil sebagai keynote speech di Internet Conference, Wuzhen, China (6/12/2017).

Meski mengakui ada beberapa kelemahan potensial dari AI, namun suksesor Steve Jobs itu tidak khawatir tentang mesin yang berpikir seperti manusia.

Cook mengatakan bahwa Apple yakin bahwa teknologi dapat menjadi kekuatan terbesar yang pernah dikenal dunia untuk menciptakan peluang dan mengangkat orang keluar dari kemiskinan.

“Tetapi teknologi itu sendiri tidak ingin menjadi baik, tidak menginginkan apapun – terserah pada semua kita untuk memastikan teknologi diresapi dengan kemanusiaan”, ujarnya.

Cook menambahkan bahwa teknologi masa depan harus memiliki keterbukaan, kreativitas dan perlindungan untuk melindungi pengguna sambil memberikan privasi dan kesopanan.

Artikel Terbaru