Sunday, August 18, 2019
Home News Sepuluh Prediksi Trend Teknologi Digital 2018

Sepuluh Prediksi Trend Teknologi Digital 2018

-

IMG_20171218_173425
Jakarta, Selular.ID – Ericsson mengumumkan hasil prediksi tren konsumer untuk tahun 2018. Tren ini berisi sepuluh teknologi digital yang diharapkan konsumen seiring dengan berkembangnya teknologi internet, cloud, internet of things (IoT), dan komersialisasi 5G dalam beberapa tahun mendatang.

Diungkapkan Afrizal Abdul Rahim, Head of Ericsson Consumer Lab South East Asia, Oceania dan India menjelaskan, dalam waktu dekat konsumen akan makin berinteraksi dengan teknologi di sekitar mereka baik menggunakan bahasa tubuh, perintah suara, sentuhan dan gerak tubuh.

Afrizal mengungkapkan, di tahun 2018 tubuh manusia akan menjadi layaknya user interface.

“Lebih dari separuh pengguna asisten suara pintar percaya, kita akan menggunakan bahasa tubuh, ekspresi, perintah suara, dan sentuhan untuk berinteraksi dengan perangkat. Bahkan, 2 dari 3 orang di antaranya percaya hal ini akan terjadi dalam waktu 3 tahun mendatang,” kata di Jakarta, (18/12/2017).

Dikatakan Afrizal, dalam waktu dekat konsumen akan semakin berinteraksi dengan teknologi di sekitar mereka menggunakan bahasa tubuh, sentuhan dan gerak tubuh.

Perangkat di waktu yang akan datang belajar mengenal konsumen agar hal itu dapat terwujud, tentunya melibatkan upgrade teknologi yang besar, perangkat harus bisa menyampaikan data interaksi manusia yang komplek ke pemrosesan berbasis cloud.

Berikut 10 trend untuk 2018:

1.User Interface

Lebih dari separuh pengguna asisten suara cerdas (intelligent voice assistant) saat inu percaya bahwa akan menggunakan bahasa tubuh, ekspresi, intonasi dan sentuhan untuk berinteraksi dengan perangkar seolah-seolah mereka adalah sesama manusia.

2.Augmented Hearing

63% konsumen menginginkan earphones yang dapat menerjemahkan bahasa secara real time.

3. Enternal Newbies

30% mengatakan teknologi baru membuat mereka sulit untuk menjaga agar keterampilan yang mereka miliki tetap up to date. Tapi teknologi juga membuat penggunanya secara instan menjadi ahli akan sesuatu, 46% mengatakan internet memungkinkan mereka untuk belajar dan melupakan keterampilan yang telah mereka miliki lebih cepat dari sebelumnya.

4. Social Broadcasting

Siaran atau penyebarluasan konten media traditional semakin banyak muncul di media sosial.

5.Intelligent Ads

ebih dari setengah pengguna augmented reality (AR) virtual reality (VR) yakin bahwa iklan akan menjadi begitu realistis sehingga pada akhirnya akan menggantikan produk itu sendiri.

6.Ucanny Communication

50% berpikir bahwa ketidak mampuan dalam membedakan antara manusia dan mesin akan membuat mereka ketakutan. 40% juga akan ketakutan oleh smartphone yang beraksi terhadap mood mereka.

7.Leisure Society

Ada pula ketakutan tentang penggunaan robot yang bakal menggantikan pekerjaan manusia. Namun di sisi lain, 40 persen konsumen menginginkan robot agar membantu pekerjaannya sehingga mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang.

8.Virtual Reality

Foto menjadi sebuah ruangan di masa depan teknologi Virtual Reality akan memungkinkan penggunanya berjalan-jalan pada foto-foto mereka sehingga mampu membangkitkan memori di masa lalu.

9.Drone

Teknologi drone, menjadi prediksi Ericsson selanjutnya. Konsumen mengharapkan pengiriman barang dari e-commerce bisa melalui drone.

10.Baterai perangkat yang lebih tahan lama

80% konsumen percaya 5 tahun lagi akan ada baterai tahan lama yang mengakhiri masalah pengisian daya.

Latest